Pesawat TNI Diminta Bawa Penumpang

0
536
Kolonel Pnb Azhar Aditama

NATUNA – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Natuna secara resmi meminta kepada TNI Angkatan Udara agar mengoperasikan pesawat Penerbangangan Angkutan Udara Militer (Paum) untuk layanan masyarakat. Permintaan ini disampaikan resmi oleh Bupati Natuna Hamid Rizal, melalui surat resmi yang ditujukan kepada Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) I.

Hal itu dibenarkan Komandan Lanud Raden Sadjad (RSA) Natuna Kolonel Pnb Azhar Aditama mengatakan, permintaan itu didasari atas sulitnya layanan transportasi udara untuk keluar masuk Natuna. Kesulitan itu bukan hanya minimnya jumlah penerbangan yang melayani rute ini, melainkan dari sisi harga atau ongkos juga menjadi penyebab sulitnya masyarakat mengakses transportasi jalur udara.

Dilain sisi, dinamika pembangunan dan masyarakat juga tidak bisa terbendung lagi. Sehingga mereka memerlukan akses tarnsportasi yang cepat, lancar dan dengan harga terjangkau. ”Kami sangat menghargai upaya pemerintah daerah, untuk membuka akses transportasi udara. Mereka ingin sekali transportasi udara yang lancar dan harga terjangkau. Bahkan pak Bupati Natuna sudah mengirim surat permohonan, agar TNI-AU dapat mengoperasikan Paum untuk melayani masyarakat Natuna,” kata Kolonel Pnb Azhar, di Lanud RSA, kemarin.

Tindak lanjutnya, TNI-AU sedang memproses dan mempertimbangkan permohonan itu agar dapat berjalan baik dan lancar. Menurutnya, secara umum tugas dan fungsi TNI adalah untuk operasi perang dan selain perang. Dalam hal, yang kedua ini TNI-AU bisa memenuhi permohoan pemerintah daerah itu sesuai dengan ketentuan yang berlaku. ”Pada dasarnya TNI AU siap-siap saja memenuhi permintaan itu. Akan tetapi, secara teknis perlu ada kajian dan pertimbangan karena semua ada ketentuannya,” terangnya.

Ia berharap, permohonan Bupati Natuna itu bisa terwujud sebagai solusi transportasi udara untuk masyarakat. Hanya saja, ada proses yang mesti dilalui pihaknya karena menggunakan pesawat militer untuk keperluan sipil.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here