Peserta BPJS Kesehatan Gratis Deteksi Kanker Serviks

0
776
SOSIALISASI KESEHATAN: Kadinkes Tanjungpinang, Rustam bersama BPJS Kesehatan saat mengajak kaum perempuan untuk melaksanakan pemeriksaan deteksi dini kanker servik melalui motode IVA Pap Smear. f-DESI LIZA PURBA/TANJUNGPINANG POS

Dukung Gerakan Masyarakat Sehat

TANJUNGPINANG – BERUPAYA menekan jumlah penderita kanker Serviks yang juga sebagai pembunuh pertama bagi kaum perempuan di Indonesia, BPJS Kesehatan melaksanakan pemeriksaan IVA dan Pap smear secara gratis bagi peserta. Kegiatan ini juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 49 BPJS Kesehatan dengan mengusung tema ”Deteksi Dini Kanker Serviks”.

Kegiatan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia mulai, Kamis (13/7) sampai dengan 31 Juli mendatang. Untuk Tanjungpinang, kegiatan seremonial dilaksanakan di Puskemas Mekar Baru, Jl. Cendrawasih Km.8 Atas Kelurahan Batu 9, Tanjungpinang. Kepala Dinas Kesehatan menuturkan, bagi kaum wanita yang sudah menikah atau aktif melakukan hubungan suami-istri maka diminta minimal sekali setahun atau maksimal sekali dalam tiga tahun melakukan pemeriksaan.

Dipastikan dalam proses pemeriksaan oleh tenaga medis tidak akan lama dan tidak sakit. Ada dua motode pemeriksaan kanker Serviks yaitu Inspeksi Visual dengan Asam Asetat atau IVA dan Pap Semar. Untuk IVA hasilnya dapat langsung diketahui sedangkan Pap smear diuji melalui laboratorium di Jakarta yang hasilnya diberikan seminggu kemudian.

”Motode IVA dapat dilakukan di Puskesmas dan layanan kesehatan tingkat pertama dan bahkan rumah sakit. Sedangkan Pap smear di Prodia,” ujarnya kepada ibu-ibu yang hadir dalam pemeriksaan. Ia meyakini masih banyak wanita di Tanjungpinang yang belum melakukan pemeriksaan. Padahal jika dilakukan pemeriksaan penyakit ini masih mudah dideteksi dan dicegah dengan vaksinasi di pelayanan ditingkat lanjutan.

Berbeda ketika sudah stadium lanjut, proses pengobatan dilakukan menjadi lebih sulit terutama jika sudah di stadium empat. Kepala BPJS Kesehatan Tanjungpinang membawahi lima daerah di Kepri yaitu Bintan, Lingga, Anamas dan Natuna, dr Lenny Marlina TUM AAAK menuturkan bahwa kaum wanita kini tidak boleh hanya menunggu hingga merasakan gejala sakit namun harus ikut aktif memeriksakan kesehatan sejak sekarang.

Untuk Tanjungpinang, pihaknya menargetkan 675 peserta ikut motode pemeriksaan IVA dan 275 peserta Pap Smear dalam satu tahun. ”Ini target minimal, kalau lebih dari ini boleh. Kita siap mendukung pemerintah mengajak masyarakat terapkan gaya hidup sehat,” ucapnya.(DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here