Peserta Lomba Kicau Burung TJA Membeludak

0
737
MASYARAKAT memadati Lapangan Sahabat TJA di Jalan Kuantan Batu 5 tempat digelarnya Lomba Kicau Burung TJA Cup 2018, Minggu (8/4). f-istimewa

TANJUNGPINANG – Kejuaraan burung berkicau Teddy Jun Askara (TJA) Cup 2018 tingkat Provinsi Kepulauan Riau berlangsung sangat meriah. Lomba burung berkicau TJA Cup 2018 dibuka langsung oleh Teddy Jun Askara (TJA), Minggu (9/4) di Lapangan Sahabat TJA Jalan KuantanBatu 5 Tanjungpinang. Pesertanya membeludak mencapai 958 peserta baik dari Batam, Karimun, Kijang, Tanjunguban dan Tanjungpinang.

Selain sebagai wadah bagi para pecinta burung, lomba ini juga sekaligus untuk meningkatkan silaturahmi sesama pencinta burung berkicau.

Ahmad Ramli, Ketua Pelaksana Lomba mengatakan, lomba yang digelar karena animo masyarakat pencinta burung berkicau di Kepri cukup tinggi. Pesertanya diikuti komunitas burung berkicau dari berbagai daerah di Kepri. ”Pesertanya ini datang dari kabupaten/kota di Kepri,” ujar Ahmad Ramli, kemarin.

Ia menjelaskan, lomba kali ini memuat enam kategori lomba. Mulai dari kategori TJA yang hanya bisa diikuti jenis burung Murai Batu kemudian ada kategori jenis burung Kacer, Kelas Aksara, kategori jenis burung Love Bird Kelas Radja, jenis Burung Kenari Kelas Radja Kelas Askara, Kelas Sahbat dan Kelas Pandawa.

”Para pemenang nanti boleh kembali mengikuti lomba kicau burung memperebutkan piala Gubernur Kepri yang akan digelar Oktober mendatang,” tegasnya.

Kata dia, lomba kali ini cukup istimewa. Instruktur pertandingan dari Jawa Barat, Bandung termasuk korlabnya. Sedangkan juri dari Batam. Ia juga melihat, setiap tahun animo untuk mengikuti lomba ini tinggi. Tahun ini kicau burung TJA Cup sudah yang kelima kalinya digelar. Jadi, para pemenang benar-benar memiliki kicau burungnya berkwalitasnya.

Bagi pemenang kelas TJA, untuk juara satu mendapatkan uang tunai Rp 4 juta, juara kedua Rp 1,2 juta, ketiga Rp 700 ribu dan keempat Rp 300 ribu. Untuk Kelas Radja, pemenang pertama mendapatkan Rp 1,7 juta, juara kedua Rp 750 ribu dan juara ketiga Rp 350 ribu dan juara keempat Rp 170 ribu.

Kelas Askara, juara pertama mendapatkan Rp 1 juta, juara kedua Rp 450 ribu, juara ketiga Rp 250 ribu dan juara keempat Rp 150 ribu. Untuk kelas Sahabat, juara pertama meraih Rp 700 ribu, juara kedua Rp 250 ribu, juara ketiga Rp 150 ribu dan juara keempat Rp 100 ribu.

Untuk Kelas Pandawa, juara pertama Rp 700 ribu, juara kedua Rp 250 ribu, juara ketiga Rp 150 ribu dan juara keempat Rp 100 ribu. Ribuan masyarakat juga datang menyaksikan lomba itu.

Teddy Jun Askara mengatakan, event TJA Cup ini untuk mempersatukan para pecinta kicau burung di Kepri khususnya di Kota Tanjungpinang dan wadah bertemunya para pencinta burung berkicau di Kepri.

Ia juga mengucapkan selamat kepada para pemenang dan berterima kasih kepada Sahabat TJA serta panitia yang telah mensukseskan acara kicau burung TJA Cup 2018. ”Selamat ke pemenang, Insya Allah akan kembali digelar tahun depan,” bebernya singkat. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here