Peserta Pilwako Diprediksi Cuma Tiga Pasang

0
578

Jelang Pilkada Tanjungpinang

Pendaftaran calon Wali Kota Tanjungpinang dari parpol di KPU Tanjungpinang baru akan dibuka 8-10 Januari 2018 mendatang. Saat ini, belum semua parpol punya jagoan yang akan diusung di Pilwako Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Peta politik saat ini semakin menarik untuk disimak. Beberapa koalisi sudah terbentuk. Seperti, Koalisi Anak Pinang (Golkar, Demokrat, PKPI, PPP) dan Koalisi Setara (PKS dan Gerindra).

Tapi, masih ada parpol yang belum menentukan pilihan.
Yang sudah jelas mengambil sikap dari awal adalah PDIP. Partai berlambang kepala banteng dengan moncong putih ini sudah resmi mengusung cawako incumbent H Lis Darmansyah di Pilkada Tanjungpinang.

Lis Darmansyah ini juga merupakan Sekretaris DPD PDIP Provinsi Kepri. Di DPRD Kotas Tanjungpinang, PDIP memiliki 7 kursi. Jumlah ini sudah memenuhi syarat untuk mengusung pasangan Cawako dan cawawako sendiri. Namun, siapa calon wakil wali kota Tanjungpinang yang akan mendampingi Lis Darmansyah, itu belum terungkap. Saat ini ada sejumlah nama yang bergulir bakal mendampingi Lis Darmansyah. Ada nama Maya Suryanti dan ada juga nama Adnan.

kepastian siapa pasangan Lis Darmansyah kedua masih menunggu keputusan DPP PDIP. Diprediksi Lis bakal mendapatkan lawan yang cukup berat. Pasalnya, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul juga bakal maju. Bahkan, ia sudah mendeklarasikan dirinya untuk maju di pilkada sebagai calon Wako.

Mantan guru ini juga telah intens komunikasi dengan sejumlah parpol. Termasuk sudah menjajaki kemungkinan koalisi. Di antaranya dengan Koalisi Anak Pinang (Golkar, Demokrat, PKPI dan PPP). Koalisi Anak Pinang malah mengusulkan Syahrul agar berpasangan dengan Ade Angga. Tapi, ini masih menunggu restu dari DPP masing-masing partai koalisi.

Selain itu, di Pilkada Tanjungpinang 2018 mendatang, bakal ada calon independen atau calon perseorangan. Nama calonnya adalah Edi Safrani dan Umar Usman. Paslon independen ini sudah lama bermanuver di tengah masyarakat. pasangan ini mengklaim sudah mendapatkan 16 ribu dukungan KTP. Sementara, syarat untuk maju sebagai calon independen harus mampu mengumpulkan 15 ribu KTP sesuai dengan persentase jumlah daftar pemilih.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Tanjungpinang, Pepy Candra menegaskan, Koalisi Anak Pinang sudah bulat mengusung pasangan calon Syahrul-Ade Angga. ”Sudah sah, Pak Syahrul mengandeng Ade Angga sebagai calon wakilnya. Kita di Koalisi Anak Pinang sudah sepakat,” kata Peppy Candra, kemarin.

Anggota DPRD Tanjungpinang melihat, pilkada Tanjungpinang dan persaingan cukup ketat. ”Bisa tiga calon bisa juga head to head antara Pak Lis dan Pak Syahrul. Seru, kan,” tegasnya singkat.

Sementara itu, H Lis Darmansyah mengklaim belum mau buru-buru mendeklrasikan dirinya untuk maju di Pilwako. Lis beralasan masih ingin fokus dulu menyelesaikan pekerjaan sudah diamanahkan oleh masyarakat. Lis juga menyebutkan, ada saatnya nanti akan berbicara soal pilkada.

”Belum bisa deklarasi soal siap bakal jadi wakilnya belum turun dari DPP. Kita belum tahu, siapa yang direstui DPP. Apakah merestui ibu Maya, Pak Adnan atau Pak M Syarial jadi wakil saya, belum diputuskan DPP,” tegasnya.

Belum lama ini, H Syahrul menegaskan ia maju di pilkada untuk membangun Tanjungpinang. Begitu juga dengan H Lis Darmansyah, ia maju juga untuk membangun Tanjungpinang. “Saya dan Pak Lis maju untuk membangun Tanjungpinang,” kata H Syahrul, usai mendeklarasikan dirinya maju di pilkada Tanjungpinang sebagai Wako, Senin (29/9) kemarin.

Syahrul berharap agar pesta demokrasi harus berjalan baik.
Ia mengkhawatirkan saat pilkada nanti, partisipasi masyarakat ke TPS justru turun atau banyak golput. Dari setiap pesta demokrasi, baik pilwako, Pilgub, Pileg banyak masyarakat golput. ”Kita berharap masyarakat berlomba-lomba datang ke TPS saat hari pencoblosan,” harapnya.

Pengamat Politik Provinsi Kepri, Endi Maulidi menambahkan, ia juga memprediksi ada tiga bakal calon yang akan bertarung di pilkada. Pertama, Lis-Maya, Syahrul-Angga dan satu pasangan independen.(ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here