Pesisir Serasan Timur Butuh Tanggul Ombak

0
821
PELABUHAN Pelni di Kecamatan Serasan saat dihantam ombak ketika cuaca buruk berlangsung.f-DOKUMENTASI/TANJUNGPINANG POS

Camat Serasan Timur Khaidir mengatakan, kondisi sebagaian besar wilayah pesisir di Serasan Timur selalalu dalam khawatiran.

NATUNA – Sebab, ancaman alam masih berpotensi terjadi di kecamatan yang ia pimpin. Ia menyebutkan, secara umum ada dua kondisi alam yang tidak baik yang acapkali mengganggu pesisir di wilayah itu yakni banjir rob dan abrasi pantai.

Kedua acaman ini hampir terjadi di setiap tahunnya, terutama sekali pada musim-musim yang cuacanya tidak menentu seperti musim utara. ”Ancamn-ancaman ini menjadi salah satu kendala pembangunan di Serasan Timur,” kata Camat Khaidir melalui telepon, Selasa (8/5).

Baca Juga :  Guru Perbatasan Masih Butuh Perhatian

Ancaman tersebut menurutnya, bukan hanya mengganggu alam melainkan juga pemukiman penduduk tetapi jalan-jalan yang ada di pingiran dan bangunan-bangunan lainnya. ”Kondisi ini sangat mengganggu sekali. Bahkan kalau ada banjir rob, imbasnya juga ke kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Upaya-upaya pecegahan sudah dicoba dilakukan oleh warga setempat, secara swadaya untuk menangkal derasnya air laut dengan cara menaman bakau dan membuat tanggul semampuanya. Akan tetapi hasil upaya tersebut tidak cukup kuat untuk menangkal ganasnya gejolak laut bila datang musimnya bergolak.

Baca Juga :  Wabup Tinjau Progres Irigasi Tapau

”Kondisi ini bisa ditanggulangi, tapi kalau hanya mengandalkan swadaya masyarakat tidak bisa. Maka kita berharap ada perhatian dari pemerintah agar dibangun tanggul pemecah ombak. Kalau tidak, keadaan akan semakin parah,” tandasnya.(HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here