Pesta Rakyat Tutup KKN UMRAH di Lingga

0
171
ANAK-anak di Kelurahan Sungai Lumpur Lingga saat mengikuti salah satu lomba untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang digelar mahasiswa KKN-UMRAH. f-istimewa

LINGGA – Mahasiswa-mahasiswi Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang di Kelurahan Sungai Lumpur, Dabo, Kabupaten Lingga telah selesai melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang ditutup dengan beberapa kegiatan pesta rakyat dan pentas seni.

Pesta rakyat itu digelar untuk memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI sebagai bentuk cinta tanah air bersama masyarakat.

Dengan kegiatan tersebut, merupakan akhir pengabdian mahasiswa KKN-UMRAH bersama masyarakat dengan menyelenggarakan kegiatan permainan rakyat dan perlombaan seni untuk anak-anak.

Sehingga, mengajak masyarakat untuk mewarnai kemeriahan perayaan HUT RI di Kelurahan Sungai Lumpur.

Adapun kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu Jumat-Sabtu pada tanggal 23 hingga 24 Agustus 2019 pekan lalu.

Pada malamnya, juga berlangsung acara penutupan kegiatan KKN mahasiswa yang berlokasi di halaman Kantor Lurah Sungai Lumpur dengan berbagai rangkaian permainan.

Masing-masing permainannya yaitu lompat karung, makan kerupuk, joget bola, over tepung, masukan pensil di dalam botol, tarik sarung.

Untuk perlombaan seni yaitu membaca puisi, dan berpantun untuk serta mewarnai untuk anak-anak sekolah PAUD.

Permainan rakyat tersebut diikuti oleh seluruh kalangan masyarakat, baik itu orangtua maupun anak-anak di Kelurahan Sungai Lumpur dengan bermacam-macam hadiah.

Iraski Prayuda salah satu perwakilan dari kelompok mahasiswa KKN-UMRAH menyampaikan, mengenai rangkaian program kegiatan yang mereka laksanakan di sana yaitu rumah belajar untuk anak TK, SD, dan SMP.

Selain itu, juga ada kegiatan sosialisasi ke SMP dan SMA mengenai pendidikan tinggi dan penggunaan media sosial dengan bijak serta gotong-royong bersama masyarakat.

”Kami juga membuat tugu kenang-kenangan, dan menyelenggarakan berbagai rangkaian permainan untuk memeriahkan perayaan kemerdekaan RI ke-74 tahun ini,” jelasnya.

Sekaligus berpartisipasi pada setiap program dari pihak kelurahan.

”Pada perpisahan, Sabtu (24/8) merupakan puncak dari semua kegiatan pengabdian yang diisi dengan perlombaan seni untuk anak-anak dan tampilan menarik dari tokoh-tokoh masyarakat,” terang Iraski Prayuda, kemarin.

Selain itu, harapan besar yang disampaikan oleh Bapak gunawan S.Kom selaku Lurah Sungai Lumpur pada saat menyampaikan kata sambutan, semoga apa yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa dan mahasiswi KKN UMRAH positif berguna bagi masyarakat serta dapat dicontoh.

”Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada adik-adik rekan-rekan mahasiswa, dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). Karena sudah menyelenggarakan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di kelurahan kami,” katanya.

”Semoga apa yang sudah dijalankan akan menjadi satu amal ibadah, dan akan dirasakan langusung oleh seluruh masyarakat di Sungai Lumpur. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada adik-adik yang telah menyelenggarakan kegiatan untuk memeriahkan perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Kelurahan Sungai Lumpur ini,” harap Gunawan.

Hal tersebut juga menjadi harapan besar bagi Camat Singkep pada saat itu diwakili oleh Sekretaris Camat (Sekcam) Agustiar.

Agustiar berharap, apa yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa UMRAH itu melalui kerja praktiknya di lapangan, dapat dijadikan contoh oleh setiap masyarakat Sungai Lumpur.

”Kami bangga dengan anak-anak kita yang KKN di Sungai Lumpur ini, melalui program kegiatan yang sudah dilakukan. Mungkin dapat dicontoh setiap RW dan RT dimana dilaksanakan lokasi pengabdian. Terimakasih pihak Kelurahan Sungai Lumpur, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga selama 1 bulan,” ungkap Agustiar. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here