Petahana Tetap Kuat di Pilkada 2018

0
359
FOTO BERSAMA: H Lis Darmansyah, H Syahrul, Hj.Yuniarni P. Weni, dan Ahmad Yani saat memberikan penghargaan kepada pemenang lomba. f-dokumen/tanjungpinang pos

Fenomena yang muncul dalam pemilihan kepala daerah atau pilkada serentak pada 15 Febuari 2017 bakal tidak jauh berbeda dengan pilkada-pilkada sebelumnya.

TANJUNGPINANG – Pilkada serentak cenderung dimenangkan oleh petahana atau mantan kepala daerah sebelumnya. Untuk di pilkada Tanjungpinang 2018 ada dua calon petahana bakal maju yakni H Lis Darmansyah dan H Syahrul. Keduanya masih kuat untuk meraih suara terbanyak.

Seperti yang diungkapkan pengamat politik provinsi Kepri Endi Maulidi, kemarin. ”Kalau pengamat politik yang lainnya memprediksikan kalau pasangan Lis Darmansyah-Maya Suryanti tidak kuat di pilwako mendatang. Saya berbeda. Pasangan Lis-Maya pasangan yang masih kuat di pilkada mendatang,” kata Endi Maulidi.

Alasannya, pasangan Lis-Maya kuat di pilkada Tanjungpinang karena Lis Darmansyah salah satu politisi yang sudah terbukti dekat dengan masyarakat. Lis, menurutnya, sudah melakukan perubahan di tengah masyarakat.

Bakal calon wakilnya, Maya Suryanti juga memiliki nama besar di tengah masyarakat. Ibunya Hj Suryatati A Manan masih pengaruh. Pasti Suryatati A Manan turun gunung untuk memenangkan putrinya.

”Suara Maya di Pilkada 2013 lalu cukup besar. Saya rasa pendukung setia Maya masih menunggu keputusan DPP PDIP apakah resmi DPP mengusung Lis-Maya atau tidak,” bebernya.

Sedangkan H Syahrul juga calon petahana. Kegagalan Lis di pemerintahan sekarang juga kegagalan H Syahrul. Keberhasilan Lis memajukan Kota Tanjungpinang juga keberhasilan H Syahrul. Ia melihat bila H Syahrul salah memilih bakal calon wakilnya, merugikan dirinya sendiri di pilkada. Ada dua bakal calon wakilnya, santer dibahas di tengah masyarakat yakni Ade Angga, politisi Golkar dan Iskandarsyah politisi PKS. Kemudian, bila Syahrul tidak gencar melakukan lobi-lobi politik, bisa-bisa parpol lainnya bakal merapat ke PDIP.

Kalau H Syahrul juga tidak ngotot melakukan lobi-lobi politik dengan alasan cukup mengandeng Koalisi Setara (PKS-Gerindra) maka Koalisi Anak Pinang bisa mengusung Lis. ”Bisa-bisa Golkar, Demokrat bahkan partai lainnya seperti PPP merapat yang ada di Koalisi Anak Pinang bisa mengusung H Lis Darmansyah bila Syahrul tak merespon permintaan Koalisi Anak Pinang,” bebernya.

Karena sambung mantan Ketua PKB Provinsi Kepri ini kalau Koalisi Anak Pinang sudah bulat akan mendukung H Syahrul berpasangan dengan Ade Angga. ”Masyarakat masih menunggu keputusan H Syahrul. Memilih Ade Angga atau Iskandarsyah bakal jadi wakilnya. Kalau Pak Lis berpeluang memilih Maya Suryanti, wakilnya,” tegasnya.(ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here