Petakan Kebutuhan Listrik Hinterland

0
606
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun membantu warga mengangkat air dari sumur saat mengunjungi daerah kawasan hinterland, baru-baru ini.f-istimewa/humas pemprov kepri

TANJUNGPINANG – Selain listrik, persoalan mendasar yang belum rampung disediakan negara untuk masyarakat Kepri terutama yang di pulau-pulau atau hinterland adalah listrik.

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, dalam setiap perjalanannya ke pulau-pulau kerap mendapatkan pertanyaan dari warga kapan listrik di kampung mereka bisa menyala hingga 24 jam.

Saat ini, masih banyak perkampungan di Kepri yang belum bisa menyala 24 jam. Bahkan, masih ada perkampungan yang dilayani dengan listrik dari genset, bukan listrik negara.

Sulitnya menyediakan listrik di seluruh perkampungan di Kepri karena letaknya yang jauh antara satu pulau dengan pulau lainnya. Kadang satu pulau hanya dihuni belasan hingga puluhan kepala keluarga (KK).

Baca Juga :  Istri Prajurit Sambangi Anak-anak Panti

Nurdin pun selalu kasihan melihat rakyatnya yang belum bisa menikmati listrik seperti masyarakat perkotaan. Untuk itu, Nurdin meminta agar kebutuhan listrik di pulau-pulau dipetakan.

Gubernur terus menggesa terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat di pulau-pulau, salah satunya terpenuhinya kelistrikan di pulau-pulau. Nurdin mengatakan, listrik yang optimal akan membuat produktivitas masyarakat semakin tinggi. Juga membantu meningkatkan sektor pendidikan dan perekonomian masyarakat. ”Ketersediaan listrik akan mempermudah akses kehidupan mereka, kita ingin Kepri segera terang benderang dengan merata,” ujar Nurdin usai Safari Subuh di Masjid Al Amin Ganet, Tanjungpinang, Rabu (10/1).

Baca Juga :  Ekspor Minim, Impor Melambung

Karena itu, Nurdin memerintahkan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kepri untuk melakukan pemetaan pulau-pulau serta desa-desa agar segera terelektrifikasi. Secara perlahan-lahan, kawasan-kawasan tersebut harus dialiri listrik.

Terakhir, saat ke Pulau Batu Belubang, Kabupaten Lingga, masyarakat meminta permasalahan listrik di daerah mereka dituntaskan. Nurdin menyadari, dalam rangkaian kunjungan ke berbagai daerah di Kepri, terutama pulau-pulau, keluhan utama masyarakat adalah soal pasokan listrik. Karena itu, ketersediaan tenaga listrik menjadi salah satu yang ingin dituntaskan Gubernur Nurdin.

Nurdin menyebutkan, jika di pulau-pukau hanya dibantu genset, ada kemungkinan masyarakat nanti akan kesulitan ke depannya. Terutama untuk pasokan bahan bakarnya. Makanya dia menegaskan harus PLN yang menjadi pemasok utama, supaya ada kontiunitas.

Baca Juga :  Keliling Silaturahmi ke Polres-polres

Pada kesempatan itu, Nurdin menambahkan ketersediaan listrik diharapkan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di pulau-pulau. Apalagi dia yakin kualitas anak-anak pulau tidak kalah dengan yang berada di kota-kota. ”Mereka perlu mendapat peluang dan kesempatan,” kata Nurdin. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here