Petani Kembangkan Pepaya California

0
895
BIBIT: Bupati Karimun Aunur Rafiq menyemai bibit pepaya California di Desa Tanjung Batu Kecik, Kelurahan Buru, Karimun. f-alrion/tanjungpinang pos

KARIMUN – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Karimun menjadikan Parit Jelutung, Desa Tanjung Batu Kecik, Buru, Karimun menjadi Pilot Project pertanian pepaya California. Pepaya California tersebut akan ditanam di atas lahan seluas 7 hektare (Ha).

”Pemerintah sudah maksimal dengan memberikan alat olah pertanian, serta penyuluhan kepada petani dan cara bercocok tanam. Bibit telah diberikan kepada petani, hanya tinggal keseriusan merawat mulai dari ditanam sampai masa panen,” kata Aunur Rafiq, Bupati Karimun, Rabu (4/10).

Tanaman pepaya dipilih, mengingat kebutuhan pepaya di Karimun dan daerah lain di Kepri sangat tinggi. Kedua lahan cocok untuk bercocok tanam pepaya, dengan masa panen tidak terlalu lama. Petani akan didampingi dari awal penanaman, hingga sampai masa panen.

Baca Juga :  BC Amankan Sabu Asal Malaysia

Wiyono, warga Desa Tanjung Batu Kecik menambahkan, bibit pepaya California telah disemai. Untuk itu, hanya tinggal menunggu masa bercocok tanam.

Proses penanaman pepaya, akan mendapatkan pendampingan dari pemerintah. Kelak, jika hasil pertanian Pepaya California berhasil. ”Ekonomi masyarakat penduduk Desa akan meningkat, hingga dapat beralih profesi dari nelayan menjadi petani profesional. Lahan milik masyarakat masih luas,” terang Wiyono.

Selain disiapkan untuk pepaya California, juga direncanakan menanam sayuran cabai merah, ubi dan sayuran lainnya. Untuk masa panen pepaya California tidak terlalu lama.

Baca Juga :  1.075 Unit RTLH Diusulkan Tahun Ini

”Kesulitan yang diraa selama ini, adalah keterbatasan akses mendapatkan pupuk dan pemahaman tentang perawatan pertanian mulai dari awal sampai masa panen,” kata Wiyono mengakhiri.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here