Petani Panen, Harga Sayur Turun

0
813
STOK SAYUR: Terlihat pedagang sayur dan bumbu dapur memiliki stok sayur kacang panjang berlimpah di Pasar Bestari Bincen Tanjungpinang. F-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Saat ini, para petani lokal yaitu dari Bintan dan Tanjungpinang sedang panen raya kacang panjang. Ini membuat pasokan berlimpah di pasar tradisional. Seperti yang terlihat di Pasar Bestari Bintancentre (Bincen) Tanjungpinang, setiap pedagang sayur dan bumbu dapur memiliki stok sayur kacang panjang. Ini yang membuat harga sayur turun dari pada biasanya.

Seperti dituturkan Yudi, salah satu pedagang sayur mayur di Pasar Bestari Bincen Tanjungpinang, Senin (28/9) kemarin bahwa harga sayur kacang pajang turun sekitar Rp 4 ribu per kilo. Sebelumnya, harga sayur kacang panjang sekitar Rp 14 ribu per kilo menjadi Rp 10 ribu per kilo. ”Baru hari ini penurunan harga, stok banyak di setiap pedagang,” kata Yudi kepada Tanjungpinang Pos sambil membersihkan sayur di tempat jualannya.

Ia memprediksi harga kacang panjang bakal turun lagi, tapi terkait besarannya ia belum bisa pastikan. Ini karena para petani akan mendrop seluruh hasil panen. Sebab bila di tahan, tentu akan rugi karena bisa layu atau bahkan busuk. ”Sayur kacang panjang tidak tahan lama, paling seminggu. Jadi harus di drop atau di jual segera,” ungkapnya.

Bisa jadi karena pertimbangan ini, para petani penjual lebih murah ke para pedagang. Sehingga, para pedagang menjual murah juga ke pembeli. Ia menambahkan, untuk harga jenis sayur lain masih stabil. Diantaranya sayur kangkung, bayam, sawi hijau, sawi minyak, sawi manis, gambas, terong ungu Medan, terong ungu lokal, parehingga timun tidak mengalami penurunan harga alias masih stabil.

Saat ini, ia menjual sayur kangkung dan bayam senilai Rp 5 ribu per kilo. Untuk sayur sawi hijau senilai Rp 6 ribu per kilo, sawi minyak Rp 8 ribu, sawi manis Rp 10 ribu, gambas Rp 14 ribu, pare Rp 10 ribu. Sayur terong ungu dari Medan Rp 8 ribu dan terong ungu lokal Rp 10 ribuper kilo dan timun Rp 6 ribu per kilo. ”Saya rasa harga jenis sayur ini masih stabil meski menjelang Hari Raya Idul Adha awal September mendatang,” sebut dia. (ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here