Petani SKL Didorong Budi Daya Tanaman Merica

0
593
RAWAT MERICA: Umar Ali Rangkuti dan petani merawat tanaman merica yang merambat di satu tiang kayu. f-JENDARAS/TANJUNGPINANG POS

SERIKUALALOBAM – Petani di Kecamatan Seri Kuala Lobam didorong untuk melakukan budi daya merica. Karena, potensi pertanian merica dinilai cukup potensial dikembangkan di wilayah kecamatan tersebut.

Umar Ali Rangkuti, Anggota DPRD Bintan mengatakan, potensi merica mulai dikembangkan setelah dilakukan analisis. Kondisi tanah dan kontur tanah di Desa Teluksasah, cukup layak untuk pengembangan tanaman rempah tersebut.

”Setelah kami pantau, ada bantuan dari pertanian. Tahap pertama ada 500 bibit merica yang sudah ditanam secara tumpang sari, di kebun warga. Setelah beberapa minggu, tanamannya tumbuh baik,” kata Umar, Senin (16/10).

Ia menambahkan, pihaknya akan memantau secara berkala budi daya merica ini. Bila hasilnya bagus, maka tahap kedua akan diberikan bibit merica lebih banyak lagi.

”Karena ini tumpang sari pasti lebih efektif. Tentunya akan menambah pendapatan petani, dengan menjual merica. Harganya juga cukup tinggi,” tambahnya.

Sementara itu, Jamsir seorang petani mengatakan, pihaknya cukup antusias menanam merica. Selain bibitnya cukup bagus, tanah di Teluksasah dinilai cukup bagus.

”Alhamdullah perkembangannya cukup bagus. Mudah-mudahan nanti hasilnya memuaskan,” katanya.

Ia menyebutkan, usaha budi daya tanaman lain sebaiknya dilakukan pula di Teluksasah. Namun, perlu kerja sama dengan pemerintah daerah, untuk pengadaan bibit yang unggul. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here