Petani Tanjung Moco Berhasil Budidayakan Bunga Kol

0
411
Riyadi menunjukkan hasil panennya bunga kolnya. f-istimewa

DOMPAK – Sayuran segar memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Begitupun dengan bisnis budidaya bunga kol yang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Petani di Tanjungmoco Dompak kini berhasil membudidayakan bunga kol dengan baik.

Riyadi, salah satu petani yang berhasil menanam bunga kol di kawasan Tanjungmoco mengatakan, kalau budidaya bunga kol yang pertama kalinya mereka tanam. ”Alhamdulillah ini baru sample saya tanam. Bibitnya dari Cap Panah Merah, dan hasilnya cukup memuaskan,” kata Riyadi, kemarin.

Kata dia, permintaan bunga kol di pasaran di Tanjungpinang meningkat, namun ia hanya menanam 750 batang bunga kol sebagai ujicoba. Ke depannya, ia akan membudidayakan bunga kol lebih bainya lagi.

Sambung di, merawat tanaman bunga kol sama dengan tanaman lainnya. Sedangkan, lahannya juga bisa ditumbuh lahan eks bauksit. Pengalaman pertama kalinya menanam bunga gol, menanam bunga kol baiknya pada musim kemarau atau curah hujan sedikit. Sebab, kalau curah hujan tinggi, perkembangan bunga kol tidak maksimal. Karena, buahnya banyak yang busuk.

Soal lahan, bunga kol bisa tumbuh dimana saja, asalkan sebelum di tanam, lahan yang akan ditanami dikasih pupuk kandang atau pupuk organik. ”Harganya juga cukup lumayan,” tegasnya.

Namun, ia berharap kepada pemerintah, agar petani terus di perhatikan, terutama saat panen, kadang petani sangat sulit memasarkan hasil panennya. Sebab, bila dijual di tempat tengkulak, harganya cukup murah dibandingkan di pasaran. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here