Petani Terima 1,5 Ton Benih Padi dari Sumbar

0
553
PENAN: Wakil Bupati serta sejumlan Kepala OPD Anambas ketika menyerahkan bantuan traktor dan musim panen padi di Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur. f-INDRA/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Pemerintah Anambas menargetkan Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur menjadi lumbung padi Anambas kedepannya. Selain dipersiapkan sebagai tempat produksi beras untuk daerah, hasil produksi juga akan disuport agar dapat dijual ke daerah lain.

Pemkab Anambas menyerahkan bantuan sebanyak 1500 kilogram (1,5 ton) bibit padi kepada lima kelompok petani di Kecamatan Jemaja Timur.

Penyerahan sendiri dilaksanakan di Unit Pelayanan Tekhnis (UPT) Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan (DP3) langsung oleh bupati, Kamis (23/11) kemarin, kepada beberapa perwakilan kelompok tani.

Kata Bupati Anambas Abdul Haris, jenis bibit padi yang diberikan kepada petani jenis Junjung. Beras yang dihasil nanti itu tidak pulen seperti yang ditanam petani saat ini, tapi prai dan digemari oleh masyarakat. ”Bantuan 1,5 ton ini akan dibagikan kepada 60 orang petani yang tergabung dalam 5 kelompok tani,” ungkap Abdul Haris selaku Bupati Anambas kepada wartawan, kemarin.

Tambahnya, bibit ini berasal dari Sumatera Barat, dan merupakan janji pemerintah daerah kepada petani di Jemaja saat penyerahan bantuan alat-alat pertanian. ”Saat silahturahmi dengan masyatakat mereka meminta bantuan bibit padi, semula mereka menanam bibit ciherang, jadi kedepanya dapat menanam bibit Junjung,” tukasnya.

Ia juga akan mencarikan pasar untuk menjual beras milik masyarakat Langkah tersebut. Menurutnya agar petani mendapatkan kepastian untuk menjual hasil produksi, karena selama ini kalau panen masyarakat hanya untuk konsumsi pribadi dan hanya sedikit yang di jual itupun pada skala lokal saja. ”Saya berkeinginan kalau produksi padi masyarakat semakin berkembang baik dan tiap kelompok tidak tergantung pemerintah lagi,” paparnya.

Haris juga berjanji kepada para petani akan memberikan penghargaan kepada petani yang mampu menanam padi dengan baik. ”Menginggat akhir Desember ataupun awal Januari 2018 masuk musim tanam silahkan berlomba cari yang terbaik,”tuturnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan (DPPP) Chatarina Drew mengatakan, lima kelompok tani yang dapat bantuan bibit padi antara lain yakni Agar Makmur, Sidodadi, Tri Tunggal, Tunas Jaya dan Makmur Jaya. ”Saat ini lahan yang sudah kelola seluas 42 Ha. ”Untuk pupuk juga tidak ada masalah karena mendapatkan pupuk bersubsidi,” tutupnya. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here