Petugas Baznas Diminta Komunikatif

0
141
FOTO BERSAMA: H TS Arif Fadillah foto bersama dengan pimpinan dan pengurus Baznas Provinsi Kepri di Hotel Sampurna Jaya Tanjungpinang, kemarin. f-ist/humas pemprov kepri

TANJUNGPINANG – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri H TS Arif Fadillah, meminta petugas Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) provinsi sampai tingkat kabupaten/kota ke depan, harus semakin meningkatkan komunikasi dan sosialisasi ke tengah masyarakat. Supaya masyarakat sadar dan mengenal pentingnya berzakat saat ini.

”Saat ini, saya memandang perlu kita semua untuk meningkatkan komunikasi dengan jajaran provinsi sampai ke tingkat kabupaten dan kota. Seperti Ketua Baznas Provinsi selalu ketemu dengan saya, paling tidak menyampaikan program yang tengah dilakukan saat ini,” pesan Arif saat menutup pelatihan Zakat Community Development (ZCD) Baznas se- Provinsi Kepri, di Hotel Sampurna Jaya Tepilaut Tanjungpinang, kemarin.

Di satu sisi, Sekda Arif mengaku gembira dapat silaturahim bersama pimpinan BAZNAS se Provinsi Kepri pada pelatihan Zakat Community Development (ZCD) Baznas se-Provinsi.

Menurut Arif, program ZCD ini, memacu pertumbuhan target pencapaian zakat yang di tentukan nasional. Karena ZCD ini, merupakan program pemberdayaan masyarakat berbasiskan komunitas yang bersumber dari dana zakat.

Lebih lanjut, Arif menyampaikan bahwa Gubernur Kepri sangat senang melihat perkembangan zakat di Kepri. Merujuk hasil monitoring Baznas kabupaten/kota se-Kepri, data pengumpulan dana zakat sampai dengan Oktober 2017 sudah mencapai mencapai Rp 11,5 miliar.

Dengan rincian, Baznas Provinsi Kepri Rp 2,1 Miliar, Kabupaten Bintan Rp 397 juta, Kabupaten Karimun Rp 727 juta, Kabupaten Natuna Rp 393 juta, Kabupaten Lingga Rp 610 juta, Kabupaten Kepulauan Anambas Rp 507 juta, Kota Batam Rp 5,9 miliar, Kota Tanjungpinang Rp 908 juta.

Untuk menunjang kinerja Baznas se-Prov Kepri, dalam waktu dekat Gubernur akan menyurati kepala daerah bupati dan wali kota tentang kewajiban untuk menganggarkan dana operasional Baznas termasuk hak keuangan pimpinan Baznas pada APBD.

Berkaitan dengan hal ini, Arif menyampaikan, dirinya akan memfasilitasi pada rapat kepala daerah/sekda untuk mengingatkan agar hak keuangan dan operasional Baznas se- Provinsi Kepri dianggarkan pada APBD. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here