Petugas Sidak Blok Detensi

0
197
Petugas memeriksa Rumah detensi imigrasi pusat (Rudenim) Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Petugas melakukan sidak di blok Rumah detensi imigrasi pusat (Rudenim) Tanjungpinang, Selasa (16/7).Sejumlah barang terlarang diamankan dari dalam kamar.

Kabid Penempatan, Keamanan, Pemulangan dan Deportasi Rudenim, Agung Astrawinata mengatakan, pemeriksaan blok yang ditempati deteni dijadwalkan dua kali dalam satu tahun.

Dituturkannya, para deteni atau pencari suaka bukan orang yang ditahan melakukan pelanggaran hukum. Meski demikian, ruang gerak dan hal-hal yang berbahaya terhadap sesama perlu dipantau.

“Barang-barang dilarang di dalam kamar kami ambil. Disita dan didata,” katanya.

Agung menyebutkan, setiap blok diperiksa oleh petugas. Mengecek apakah ada barang-barang yang dilarang masuk, selain itu juga mengecek kebersihan.

“Sekaligus mengecek apa saja fasilitas yang masih kurang di dalam blok,” sebutnya.

Lanjutnya, di dalam blok menemukan laptop, rice cooker dan barang-barang lainnya.

Ia menuturkan, rice cooker sebenarnya diperbolehkan, hanya dibatasi. Yaitu hanya satu di dalam satu blok namun ditemukan lebih maka disita.

Begitu juga dengan labtop sebenarnya boleh saja namun perlu dipastikan.

“Setelah ini kita data dahulu, apabila di dalam blok itu membutuhkan lebih dari satu maka kita kembalikan namun bila tidak kita akan membuat surat pernyataan dan barang tersebut akan dimusnahkan,” jelasnya.

Selain itu, ada beberapa barang lainnya, seperti laptop berbagai jenis merek ditemukan. Ada juga beberapa barang seperti DVD, kaca, gunting dan lain-lain. 

Dituturkannya, berjumlah deteni kini, 156 orang dari berbagai negara di antaranya Vietnam, Thailand, Iran, Ghana, Nigeria, Laos. Terkait daya tampung di Rudenim Tanjungpinang, ia menuturkan untuk 600 orang. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here