PGRI Perjuangkan TPG Melekat Bersama Gaji

0
4696
KETUA PGRI Kepri, HZ Dadang AG sedang berbincang dengan kepala sekolah SMP sederajat di ruang Aula SMP Negeri 6 Tanjungpinang, belum lama ini.F-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Kepri, HZ Dadang AG menuturkan, masih memperjuangkan sistem pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) agar melekat atau tidak terpisah dengan gaji pokok.

”Ini perjuangan secara nasional dan harus sampai ke DPR RI. Mudahan ini dapat terealisasi sehingga pemberkasannya tidak ribet seperti sekarang ini,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Dengan penyatuan sistem pembayaran TPG dengan gaji, dinilai akan mempersingkat birokrasi serta tidak membuat para guru kerja berulang. Selama ini, untuk mengambil tunjangan profesi ada berkas yang harus disiapkan setiap enam bulan.

Baca Juga :  Dewan Minta Semua SMP UNBK

”Gurukan sudah dianggap sebagai profesi, harusnya pembayaran TPG melekat pada gaji. Selama inikan tidak, bahkan pertiga bulan,” paparnya.

”Contohnya aja profesi dokter, tunjangan dan gaji melekat. Jadi guru juga demikian,” tambahnya.

Dia menuturkan, pihaknya menilai aturan terkait TPG selama ini terlalu rumit dan berbelit-belit sehingga seringkali malah merugikan bagi guru. Ditambahkannya, sekarang untuk menjadi guru berstatus PNS pemerintah menerapkan sistem baru.

Sistemnya hampir mirip untuk menjadi dokter, karena sama-sama harus mengabdi selama satu tahun dibawah pembinaan guru senior. Selama ini, menjadi PNS guru cukup mengikuti seleksi PNS.

Baca Juga :  Tanjungpinang Kekurangan 550 Guru

Setelah lulus menjadi CPNS sesuai dengan ketentuan umum. Kini, setelah guru lulus tes PNS, maka harus mengabdi selama satu tahun dibawah pembinaan guru senior. Setelah dinyatakan lulus, baru nantinya mendapatkan sertifikat profesional untuk mendapatkan tunjangan guru itu.

Dulu untuk mengurus sertifikasi, para guru dinilai dari beberapa administrasi dan jam mengajar. Dengan berubahnya aturan tersebut, menurutnya sudah wajar jika TPG diberikan sekaligus dengan gaji.

Hal ini akan dibahas dalam Rapat Keja PGRI Tingkat Nasiona yang akan dilaksanakan di Batam pada 4 Februari mendatang. Selain pembahasan sesuai tema pokok. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here