Pilihan Formasi CPNS Hanya Satu

0
522
infografis: dobby F/tanjungpinangpos

Berdasarkan buku petunjuk pendaftar sistem seleksi CPNS nasional tahun 2018 yang dikeluarkan BKN, pendaftar hanya bisa memilih satu formasi, satu instansi dan satu jabatan.

TANJUNGPINANG – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 telah dimulai, Rabu (19/9) kemarin secara online melalui website resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) di https://sscn.bkn.go.id. Pengumuman yang lolos administrasi, tanggal 16 Oktober 2018.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemko Tanjungpinang, Tengku Dahlan mengatakan, pendaftaran resminya bukan di website pemda, namun satu pintu melalui website BKN.

Adapun alur pendaftaran yakni melalui website https://sscn.bkn.go.id. Pelamar harus membuat akun SSCNN 2018. Untuk melakukan pendaftaran di website ini, pilih menu Registrasi. Kemudian pelamar mengisi NIK, nomor KK atau NIK kepala keluarga. Pelamar mengisi alamat email aktif, password akun portal SSCN dan pertanyaan keamanan. Pelamar mengunggah pas foto minimal 120 KB dan maksimal 200 KB dengan format JPG, JPEG. Kemudian pelamar mencetak kartu informasi akun SSCN 2018.

Setelah itu, pelamar login ke portal SSCN menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan. Pelamar mengunggah foto diri memegang KTP dan KK. Informasi akun sebagai bukti telah melakukan pendaftaran pelamar telah melengkapi biodata.

Pelamar memilih instansi, formasi dan jabatan sesuai pendidikan. Pelamar melengkapi data pada form yang tersedia. Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan instansi. Pelamar mengecek isian yang telah dilengkapi pada form Resume. Lalu pelamar mencetak kartu pendaftaran SSCN 2018.

Setelah itu, tim vefivikator akan melakukan verifikasi berkas atau dokumen yang diunggah/dikirimkan pelamar berdasarkan syarat pendaftaran yang dibuat.

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan kartu ujian yang digunakan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya sesuai dengan ketentuan instansi.

Perlu diperhatikan, pastikan bahwa data yang telah terisi semua dengan benar dan pastikan instansi, formasi dan jabatan yang dipilih sudah benar.

Klik simpan data yang telah dicetak di Resume dan pastikan bahwa data tersebut terisi dengan lengkap dan benar. Data yang telah dikirim tidak dapat diubah dengan alasan apapun.

Cetak dan simpan dengan baik kartu pendaftaran SSCN 2018. Kartu pendaftaran SSCN 2018 digunakan sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran melalui SSCN 2018.

Adapun hal-hal yang harus disiapkan pelamar adalah, kartu keluarga (KK), KTP, izajah, transkip nilai, pas foto dan dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.

Di Lingga, jaringan internet masih bagus. Sehingga pelamar bisa mendaftar secara online. ”Bisa kok. Lancar, ini saya lagi pakai internet,” ujar Juramadi Esram, Sekdakab Lingga, kemarin.

Di 8 instansi pemerintahan di Kepri yakni, 7 kabupaten/kota dan Pemprov Kepri, kuota CPNS yang disetujui Menpan RB tahun ini sebanyak 2.154 orang.

Pengadaan CPNS tahun 2018 ini sekitar 238.015 formasi. 51.271 formasi untuk instansi Pemerintah Pusat (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda).

Peruntukan instansi Pemerintah Pusat terdiri dari jabatan inti yang diisi dari pelamar umum sebanyak 24.817 formasi, Guru Madrasah Kementerian Agama yang bertugas di kabupaten/kota sebanyak 12.000 formasi, serta dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi.

Adapun peruntukan instansi Pemerintah Daerah terdiri dari Guru Kelas dan Mata Pelajaran sebanyak 88.000 formasi, Guru Agama sebanyak 8.000 formasi, Tenaga Kesehatan sebanyak 60.315 formasi (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, dan Tenaga Medis/Paramedis), serta Tenaga Teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi.

Penetapan formasi khusus pengadaan CPNS Tahun 2018 terdiri dari : Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude), Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahragawan Berprestasi Internasional, serta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori II jabatan guru dan tenaga kesehatan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS.(MARTUNAS-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here