Pilihlah Hewan Kurban yang Sehat

0
191
Petugas dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Tanjungpinang memeriksa hewan kurban tahun lalu. F-istimewa

TANJUNGPINANG – Hari Raya Idul Adha 1439 H atau yang juga disebut hari Raya Kurban tidak lama lagi. Masyarakat yang akan melaksanakan pemotongan hewan kurban, baik itu lembu maupun kambing diimbau melaporkan kepada dinas peternakan, agar mendapatkan hewan kurban yang baik dan sehat.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Riono, kemarin. ”Belilah hewan kurban yang sehat,” ujarnya.

Riono juga Idul Adha tahun ini, pembagian hewan kurban merata di Tanjungpinang, termasuk untuk di surau maupun masjid yang ada di daerah pesisir. Bila surau maupun masjid dapat menyembelih hewan kurban maka secara tidak langsung masyarakat sekitar terhimbas dengan pembagian daging hewan kurban tersebut. Baik itu daging hewan kurban jenis sapi maupun kambing.

”Pemerintah siap memfasilitasi penyaluran hewan kurban di Tanjungpinang supaya surau dan masjid bisa memotong hewan kurban secara merata,” kata Riono.

Rencananya, Pemko Tanjungpinang akan menyalurkan hewan kurban di daerah pinggiran kota. Bisa jadi hewan kurban tersebut disumbang dari perusahaan swasta, perbankan maupun perseorang. Sehingga masyarakat yang tinggal di pinggiran Kota Tanjungpinang bisa merasakan daging hewan kurban tersebut.

”Jangan masyarakat yang tinggal di kota saja merasakan daging hewan kurban. Masyaraat pesisir juga harus merasakan daging itu,” ucap dia.

Sampai saat ini, ia baru tahu empat ekor sapi yang akan disembelih di hari Raya Idul Adha nanti. Empat ekor sapi berasal dari Pemko Tanjungpinang. “Jumlah hewan kurban dari Pemko akan serahkan ke masyarakat bakal bertambah. Saya rasa yang lain akan menyusul,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here