Pilkades di Desa Payakmaram Deadloack

0
217
Ody Karyadi

ANAMBAS – Satu dari 22 desa di Anambas yang mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) gelombang ke II belum ditentukan pemenangnya karena deadlock. Pelaksanaan Pilkades serentak gelombang ke II di masing-masing desa, Minggu (28/10).

Satu desa yang belum menghasilkan kesempatan yaitu Desa Payakmaram Kecamatan Palmatak. Hal ini diungkapkan Ody Karyadi selaku Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3APMD) Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (29/10) di ruang kerjanya.

Ia menuturkan, yang menyelesaikan proses Pilkades di Desa Payakmaram Kecamatan Palmatak kini diambil alih oleh panitia dari tingkat desa, kecamatan atau hingga tingkat kabupaten.

Disampaikannya, ini berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 32 Tahun 2017 jikalau ada sengketa Pilkades maka akan mengikuti mekanisme peraturan yang berlaku yakni penyelesaian di tingkat desa oleh Badan Pengawas Desa (BPD) selama tujuh hari.

Bila tidak menemukan kesepakatan maka akan diambil alih pihak kecamatan yang harus diseleaikan dalam kurung waktu yang sama yaitu tujuh hari. Serta bila belum selesai juga maka akan di serahkan ke tingkat kabupaten.

“Masih dalam tahap penyelesaian deadlock yang terjadi di Desa Payakmaram itu. Kita tunggu saja keputusan akhirnya nanti sesuai mekanisme yang berlaku. Ada jenjangnya,” jelas dia.

Ia menuturkan, keseruan pelaksanaan Pilkades juga terasa di Desa Serat Kecamatan Siantan Timur. Mereka melakukan pemilihan ulang. Yaitu, di putaran pertama jumlah perolehan suara diantara ke dua calon sama.

Melalui perundingan dan kesepakatan diantara sesama calon dan panitia serta saksi maka diputuskan untuk dilakukan pemilihan ulang diantara dua calon tersebut. “Setelah dua kali dilaksanakan pemilihan maka di menangkan oleh Antika dengan total 48 suara,”ucapnya. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here