Pilkades di Toapaya Terancam Gagal

0
87
Daeng M Yatir

TOAPAYA – Dua agenda pemilihan kepala desa di wilayah Kecamatan Toapaya terancam gagal. Karena, sampai saat ini panitia pelaksana Pilkades di Toapaya Utara dan Toapaya Selatan belum dibentuk.

Ketua Komisi I bidang pemerintahan DPRD Bintan Daeng M Yatir menjelaskan, banyak warga Desa Toapaya Utara dan Desa Toapaya Selatan, yang risau dengan persiapan Pilkades ini. Padahal, dalam surat edaran Sekda Bintan sudah ditetapkan tahapan-tahapan Pilkades. Seperti di bulan September ini, tahapan itu antara lain persetujuan biaya pemilihan, pengumuman DPS oleh panitia pemilihan, pengumuman pemilih tambahan dari panitia.

Kemudian, Sabtu (29/9) lalu, sampai dengan Senin (1/10) ini, panitia pemilihan sudah menetapkan dan mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) maupun pemilih tambahan yang sudah diperbaiki. Kemudian, Oktober ini seharusnya masuk tahapan pengumuman dan pendaftaran bakal calon kepala desa.

”Bagaimana tahapan itu mau dilalui? Panitia pemilihan saja belum dibentuk. Pilkades Toapaya Utara dan Toapaya Selatan terancam gagal dilaksanakan, pada November nanti,” jelas Yatir, Minggu (30/9) lalu.

Yatir menduga, ada unsur kesengajaan dari pemerintah kecamatan atau Pj kepala desa, agar pembentukan panitia pemilihan tidak dilaksanakan. Bupati Bintan H Apri Sujadi seharusnya mengevaluasi camat dan Pj kades ini.

”Kalau tak sanggup, copot dan ganti saja. Karena, desa yang tak ada kades, akan menghambat proses pembangunan di daerah itu sendiri,” ujar Yatir. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here