Pindah Partai, Anggota DPRD Harus Mundur

0
211
Sriwati (kanan) saat memeriksa berkas salah satu Bacaleg DPD RI, kemarin. f-abas/tanjungpinang pos

Anggota DPRD yang pindah partai dan mencalonkan diri sebagai Calon di pemilu legislatif (Pileg) 2019 harus mundur dari jabatannya di DPRD dan mundur dari keanggotaan di DPRD.

TANJUNGPINANG – Proses pengunduran diri paling lambat dan harus sudah diurus sebelum pengumuman Daftar Caleg Tetap (DCT). Atau surat pengunduran dirinya diterima oleh KPU yakni H-1 penetapan DCT. Rencanannya, pengumuman DCT akan digelar September mendatang. Hal ini diungkapkan Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Sriwati, kemarin.

”Apabila pimpinan parpol yang bersangkutan enggan mengusulkan pemberhentian antarwaktunya, maka anggota DPRD yang bersangkutan diberikan kesempatan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai anggota DPRD demi mengakomodasi hak politiknya dalam mencalonkan diri pada pemilu 2019 dengan parpol lain,” katanya. Sambung dia, aturan yang mengaturnya, anggota DPRD yang pindah partai di Pileg 2019 harus mengundurkan diri, sesuai ketentuan Pasal 102 ayat 2 PP 16/2010 ditegaskan antara lain, anggota DPRD diberhentikan antarwaktu apabila menjadi anggota parpol lain.

Kata dia, proses pemberhentian atau pengganti antarwaktu (PAW) anggota DPRD, seharusnya dilakukan atas dasar usulan dari partai politik yang mengusung. ”Soal PAW itu ranah parpol dan DPRD, kita hanya menerima surat pengunduran diri,” tegasnya.

Sambung dia, ia belum menerima laporan dari Bacaleg DPRD Provinsi Kepri yang duduk sekarang, yang ingin pindah partai. Begitu juga dari anggota DPRD kabupaten/kota di Kepri, belum ada laporan masuk ke KPU Kepri. Sebab, saat ini masih dalam tahap pendaftaran Bacaleg di masing-masing KPU kabupaten/kota di daerah.

Sesuai tahapan, pendaftaran Bacaleg untuk DPRD Provinsi/Kabupaten dan Kota sudah dibuka sejak tanggal 4 Juli dan akan berakhir tanggal 17 Juli mendatang. ”Masih ada waktu, mungkin saja parpol sekarang ini sedang mempersiapkan diri untuk mendaftar di KPU,” bebernya. (ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here