Pindahkan Dana Pascatambang Berikut Bunganya

0
500
Amjon, Kadis Pertambangan ESDM Kepri

DOMPAK – Dinas Pertambangan Energi Sumber Daya Mineral (Distamben ESDM) Pemprov Kepri, tetap getol meminta pemerintah daerah kabupaten/kota untuk mengalihkan dana reklamasi pascatambang yang selama ini masih dititipkan di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) daerah.

Hal ini disampaikan KadistambenESDM Pemprov Kepri Amjon kepada wartawan di halaman kantor DPRD Kepri, Selasa (17/7) kemarin.  ”Dana Rp233 miliar yang tersimpan di kabupaten kota itu, kita kasih deadline sampai Desember itu seluruhnya sudah qq Gubernur, bersama dananya dipindahkan ke bank pemerintah,” terangnya.

Baca Juga :  Bangun Dermaga untuk Perkuat Wilayah Pesisir

Lebih lanjut Amjon menyampaikan, pemindahan dana pascatambang tersebut tidak hanya ratusan miliar, melainkan keseluruhan. Artinya mencakup tambahan dan bunga bank. ”Jadi perhitungannya, alur berjalanan uangnya di bank tidak bisa disembunyikan apalagi diendapkan. Pasti terbaca berapa masukan, berapa tambahannya sekaligus berapa bunganya,” bebernya.

Sesuai yang disampaikan di LHP BPK dan KPK RI, Amjon menambahkan bahwa sudah 85 persen pemindahan dari qq Bupati ke Gubernur sudah berjalan. ”Jadi pemidahan dari qq bupati, perusahaan ke Gubernur sudah jalan. Saat ini tahap ketiga kita pencairan dana untuk perusahaan supaya bisa melakukan aktivitas pasca tambang ini,” beber Amjon.

Baca Juga :  Atal Pimpin PWI Pusat

”Dan paling akhir Desember ini semua dana sudah selesai dialihkan. Jadi kalau kita mau proses pencairannya gampang,” terangnya menegaskan sambil menyebutkan kurang lebih dua ratusan perusahaan yang uangnya tersimpan pada dana pascatambang tersebut.

Tak lupa Amjon menuturkan, bahwa pemidahan dana pascatambang tersebut sangat didukung DPRD Provinsi Kepri. Di samping itu juga dirinya menyampaikan bahwa dewan melalui Komisi 2 DPRD meminta agar kabupaten/kota memindahkan dana tersebut ke provinsi. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here