Pipa ATB Bocor, Pasokan Air Berkurang

0
103
PIPA induk ATB di dekat WTP Duriangkang diperbaiki, Selasa (9/7). Akibat kebocoran pipa itu, sempat berdampak pada distribusi air ke pelanggan. F-ISTIMEWA
Gangguan kebocoran air milik ATB kerap terjadi, baik karena faktor pihak ketiga dan alam. Hal itu menyebabkan pelanggan ATB air di beberapa kecamatan tidak dialiri air bersih. Mereka kesulitan air.

BATAM – Kebocoran dialami ATB terhadap pipa transmisi DN 800 mm ATB di depan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Duriangkang. Kejadian yang kebocoran yang terjadi, Senin (8/4) selesai ditangani, Selasa (9/4), sekitar pukul 06.00 WIB.

Menurut Head of Corporate Secretary ATB, Selasa (9/4), Maria Jacobus, penanganan selesai dilakukan, setelah tim teknis bekerja keras, karena lokasi yang dinilai sulit. Tim berusaha keras menyelesaikan kebocoran pipa tadi malam, lokasi area pekerjaan yang sulit membuat pekerjaan membutuhkan waktu,” ujarnya.

Dikatakan, usai pekerjaan dilakukan, suplai air tidak dapat mengalir normal, namun mengalir bertahap ke pelanggan. Selama pekerjaan dilakukan IPA Duriangkang operasionalnya dihentikan sementara. Hal ini untuk memudahkan proses perbaikan pipa.

”Proses perbaikan kita harus shutdown produksi IPA Duriangkang, namun tidak off total. pekerjaan berjalan dengan baik. Setelah selesai semua, suplai dalam tahap normalisasi, pipa-pipa yang kosong sebelumnya terlebih dahulu diisi air baru dapat mengalir ke pelanggan,” tambah Maria.

Proses normalisasi pasokan air di sejumlah pelanggan sedang berjalan. Sebagian wilayah yang terdampak seperti sebagian Batam Centre, Batu Batam, Sukajadi, Tanjung Piayu, tembesi Sagulung termasuk Tanjung Uncang dan sekitarnya, sudah mulai mendapatkan suplai air, meski belum merata.

Saat suplai sudah mulai mengalir, pelanggan cenderung menggunakan air lebih banyak. Mengingat persediaan air yang sebelumnya telah habis. Namun hal tersebut berpengaruh ke pelanggan lainnya pelanggan terutama di daerah tinggi dan jauh dari area produksi.

”Pelanggan juga perlu bertoleransi dalam menggunakan air juga diperlukan, hal ini agar pelanggan lainnya bisa mendapatkan suplai air. Pelanggan yang berada di dataran rendah bisa lebih berhemat menggunakan air, agar pelanggan di ujung pipa bisa mendapatkan suplai air,” kata Maria.

Sehari sebelumnya, pipa transmisi ATB DN 800mm mengalami kebocoran. Pipa bocor berada di depan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Duriangkang. Kebocoran pipa tersebut membuat IPA Duriangkang shutdown sementara waktu.

”Pipa Transmisi ATB DN 800 mm bocor, dan harus dilakukan perbaikan malam ini juga, tim teknis akan bekerja keras menyelesaikan pekerjaan. Pekerjaan tidak bisa dihindari, agar kebocoran tidak meluas,” ucap Wahyu Widyanto Manager Distribusi ATB.

Kondisi emergency yang terjadi mengakibatkan terganggunya suplai air ke sejumlah pelanggan. Terutama pelanggan yang mendapat suplai air dari IPA Duriangkang.

Daerah terdampak dari kebocoran pipa utama ATB diantaranya Batam Centre, Sukajadi, Batu Batam, Tembesi, Tanjung Piayu, Marina, Sagulung hingga Tanjung Uncang dan sekitarnya. Dengan selesainya perbaikan, air akan normal kembali.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here