Pipa PDAM Ganggu Pengendalian Banjir

0
1032
TINJAU proyek: H Lis Darmansyah saat meninjau proyek pembangunan pengendalian banjir di Jalan Pemuda, Selasa (14/3). f-ABAS/TANJUNGPINANG POS

Wali Kota Tinjau Pembangunan Proyek Box Culvert di Jalan Pemuda

TANJUNGPINANG – Pembangunan pengendalian banjir di Jalan Pemuda dikerjakan PT Jaya Kencana Sarana dan Konsultan Supervisi oleh Tata Bumi Konsultan, pembangunan drainase seluas 800 metar berasal dari sumber dana APBN 2017, ditinjau Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah, Selasa (14/3).

”Kontraktornya saat ini masih membuat box culvert (gorong-gorong), menghubungkan drainase besar yang ada disamping kampus Stikes Tanjungpinang dan SMPN 6 Tanjungpinang,” kata Lis Darmansyah, kemarin.

Lis mengatakan, kawasan Jalan Pemuda ini kalau air laut sedang surut tidak akan banjir meski hujan lebat. Namun, jika air laut pasang lokasi ini mudah banjir meski hujan sesaat.

Penyebab banjir selama ini, saat turun hujan deras, ditambah air laut pasang. Jadi, air laut masuk ke drainase bertemu dengan air hujan. Tapi, ke depannya, akan dibuat jalur air pasang laut masuk berbeda dengan jalur air hujan yang akan menggalir ke laut.

”2018 nanti ada lanjutan pengendalian banjir di belakang SMPN 6 Tanjungpinang,” tegasnya.

Di belakang SMPN 6 Tanjungpinang, akan dibangun pintu air. Kemudian, akan dibuat kolam resapan. Saat turun hujan, air laut saat masuk ke drainase tidak ketemu, saat air hujan menggalir ke drainase.

Selama ini, tinggi banjir/genangan di Jalan Pemuda sekitar 20-60 centimeter, lama banjir/genangan bisa terjadi 2 jam hingga 3 jam.

Sedangkan luas genangan 9.10 haktare disebabkan oleh lokasi merupakan daerah cekungan. Kemudian, adanya pengaruh air pasang, banyak terdapat sampah di saluran air. Pemukiman, pertokoan dan sekolah yang tekena dampaknya.

”Isha Allah setelah pengendalian banjir selesai dibangun, tidak terjadi lagi banjir di kawasan ini,” tegasnya.

Pengawas dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWS) IV, Jonner Sinaga menjelaskan pekerjaan pengendalian banjir di kawasan Jalan Pemuda, untuk tahap pertama memakan waktu 240 hari.

”Nilainya hampir Rp 8 miliar,” tegasnya.

Drainase yang ada di Jalan Pemuda akan diperlebar. Kemudian, dibangun box culvert yang menghubungkan drainase besar. Lebar drainase di pinggir pagar SMAN 4 Tanjungpinang 1,5 meter dengan kedalaman 2 meter. Sedangkan drainase di depan SMAN 4 lebarnya 2,5 meter dengan kedalaman 1,5 meter

”Tapi, kendala kita masih ada pipa PDAM yang menganggu pekerjaan,” tegasnya.

Kemudian, pagar kampus Stikes Tanjungpinang juga harus dirobohkan, karena berada di atas drainase.

”Pagar Kampus Stikes Tanjungpinang, harus mundur kurang lebih 1,5 meter dari posisi sekarang,” tegasnya.

Kemudian, satu toko perlengkapan sekolah yang berada di bundaran Jalan Pemuda juga harus dibongkar karena berada di atas drainase.

”Pemko dan sudah sosialisasi, termasuk pagar kampus Stikes yang harus dibongkar,” tegasnya. (bas) 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here