PJU di Bandara Mulai Padam

0
587
25--Jalan terusan menuju Bandara RHF Tanjungpinang bakal terang menderang. Karena puluhan tiang lampu penerangan jalan umum sudah terlihat di pasang (2) F_Andri Dwi S/tanjungpinang pos

MBS PLN tanjungpinang timur tolong nyalakan PJU di ruas jalan WR Supratman, U-turn depan perumahan indonusa sepanjang 800 meter. Lisrinya sering padam, sedangkan di depan RSUP dan di depan asrama polisi PJU nya nyala, mohon segera ditindak lanjuti, terima kasih di bandara bandara RHF juag sudah mulai ada yang padam.
+6281233550055

Tanggapan:
Pekerjaan pemasangan lampu PJU di sepanjang jalan menuju bandara, adalah pekerjaan Satker Perhubungan. Ada sekitar 49 titik lampu PJU yang di pasang sepanjang jalan tersebut. Lampu yang menggunakan tenaga surya berasal dari APBN tahun 2017. Berapa besarannya, saya tidak tau. Coba langsung konfirmasi ke Satker bersangkutan. Pemasangan lampu PJU berdasarkan usulan dari berbagai pihak termasuk dari kita. Kemudian, juga didukung oleh permintaan dari masyarakat setempat. Sehingga daerah tersebut merupakan titik utama pemasangan lampu PJU. Jalan menuju bandara rawan kecelakaan di malam hari karena gelap dan tidak ada lampu. (dri)

Bambang Haryanto
Kadishub Kota Tanjungpinang,

Tanggapan:
Untuk perawatan PJU di Kota tanjugpinang hanya ada biaya perawatan Rp 171 juta di tahun 2017 ini. Sementara kerusakan yang dialami perangkat lampu PJU di Kota Tanjungpinang totalya jauh lebih besar dari anggaran tersebut.

Kami menangani kurang lebih 4.000 lampu PJU di Kota Tanjungpinang. Lampu PJU yang sudah terpasang menyebar di 4 kecamatan dan 18 kelurahan se-Kota Tanjungpinang. Apabila lampu PJU rusak, estimasi biasanya sebesar Rp 1 juta per satu perangkat PJU. Satu perangkat PJU terdiri dari bola lampu, kapasitor, ignitor, balas, panel mcb, kontaktor, dan time switch. Kalau betul-betul kita hitung, manalah cukup. Tapi kita tetap berupaya untuk terus melakukan perawatan lampu PJU yang rusak

Ada beberapa faktor penyebab lampu PJU tidak hidup alias nyala. Faktor pertama, karena cuaca. Bisa jadi cuaca pada saat itu hujan hingga ada petir. Petir tersebut bisa menyambar hingga merusak perangkat PJU dan masih banyak lagi. Perangkat lampu PJU yang sering disambar petir, adalah grounding atau arde.

Faktor kedua, dikarenakan adanya tegangan arus listrik yang mengalir ke perangkat PJU tidak stabil. Ini juga yang menyebabkan salah satu perangkat lampu PJU mati. Dan juga bisa jadi lampu PJU menyala terus, yang tidak mengenal waktu. Baik itu pada pagi hari maupun sore hari.

Kalau sudah mati lampu di atas empat jam, pihaknya harus kembali menyetel time switch di lampu PJU tersebut. Sebab, ada perangkat di time switch tersebut bergeser. Jadi, kita kembali menyetel ulang. Kalau tak disetel, lampu itu menyela terus.

Aia katakan, ada dua sistem mati dan hidupnya lampu PJU. Pertama, menggunakan sistem cahaya photocell atau sinaran matahari. Kalau matahari terbenam, maka lampu PJU akan menyala dengan sendirinya. Karena baterai yang dimiliki telah menyimpan daya matahari.

Kedua, menggunakan sistem time switch. Jadi, kalau terjadi pemadaman listrik selama di atas empat jam, maka time switch perlu kembali disetel ulang. Kalau tidak dilakukan, maka lampu PJU akan hidup tidak sesuai waktu yang di tentukan. Biasa lampu PJU hidup jam 7. Ini molor jadi jam 6 atau 8. Ya, tergantunglah. (dri)

Hendry
Kasi PJU dan Dekorasi Kota, Disperkim

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here