PJU Jadi Kewenangan Provinsi

0
413
PETUGAS dari perawatan PJU saat memperbaiki lampu. F-ADLY HANANI/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Setelah adanya pelimpahan kewenangan ke Pemerintah Provinsi, Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub LH) tak lagi merawat lampu Penerangan Jalan Umum (PJU).

Sebelumnya, kewenangan itu menjadi kewajiban bagi pemerintah kabupaten/kota. Sehingga, untuk perawatan lampu PJU di beberapa daerah tidak bisa dilakukan bagi daerah.

”Sebenarnya ada yang dibangun oleh ESDM ketika itu. Namun, karena ada pelimpahan kewenangan ke provinsi jadi tidak hanya orangnya saja tetapi asetnya juga. Pak Bupati memang ada juga menyampaikan hal itu, apa tidak bisa untuk daerah yang perbaiki,” ujar Nurman, Kepala Dishub LH, Selasa (9/1).

Nurman menjelaskan, pada tahun 2018 ini pengadaan PJU tersebar pada sejumlah desa di Anambas seperti di daerah Mengkait, Keramut dan Kiabu. Mengenai adanya pengadaan PJU untuk lokasi di sekitar jalan Tanjung Momong, Desa Tarempa Timur Kecamatan Siantan pihaknya mengaku belum mengetahui perihal itu.

”Untuk pengadaan PJU di Jalan Tanjung Momong, Desa Tarempa Timur Kecamatan Siantan belum ada. Kalau memang dibutuhkan, mungkin coba dianggarkan pada perubahan (APBD) nanti,” ungkap Nurman.

Minimnya penerangan Jalan di Tanjung Momong diduga menjadi penyebab warga Antang mengalami kecelakaan tunggal hingga masuk ke jurang. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here