PJU Jalan Menuju Bandara Pakai Tenaga Surya

0
679
PJU BARU: Tiang penerangan jalan umum (PJU) menuju bandara sudah terpasang. F-ANDRI/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Jalan menuju Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, bakal terang menderang. Karena sudah terlihat beberapa pekerjaan pemasangan tiang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang jalan, mulai dari Tugu Nomad hingga menuju ke Bandara RHF Tanjungpinang.

”Sudah setengah bulan kami melakukan pemasangan PJU di kawasan menuju bandara,” kata pekerja yang enggan namanya ditulis di harian Tanjungpinang Pos, Senin (25/9).

Pria ini mengatakan, ada sekitar 49 titik tiang lampu PJU yang di pasang sepanjang jalan, mulai dari simpang Jalan Ganet hingga menuju ke Bandara RHF Tanjungpinang. Lampu PJU yang dipasang menggunakan tenaga surya.

”Saya di sini hanya pekerja saja bang. Kami tidak tau apa-apa. Kita tinggal diperintahkan pasang PJU saja,” singkat dia sambil mengingkatkan teman lainnya, yang sedang memasang kabel ke aki berwarna hitam.

Pemasangan tiang lampu PJU di sepanjang jalan Bandara RHF Tanjungpinang, dibenarkan Kepala Seksi (Kasi) PJU dan Dekorasi Kota dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, Kebersihan dan Pertamanan Kota Tanjungpinang, Hendry saat dijumpai awak media ini di kantornya berada di Jalan Peralatan Tanjungpinang.

”Benar. Karena kita dikasih tau dengan Satket Perhubungan, bahwa adanya pemasangan lampu PJU di sepanjang jalan menuju bandara. Untuk lebih jelas tanya langsung ke Satker tersebut. Karena pemasangan tiang lampu PJU tenaga surya itu pekerjaan Satker. Jadi, kita tidak tau secara detailnya,” kata dia.

Ia merasa senang dengan adanya pemasangan lampu PJU sepanjang jalan menuju Bnadara RHF Tanjungpinang. Karena menurutnya, wajah Kota Tanjungpinang ada di jalan terusan menuju Bandara RHF Tanjungpinang.

Sebelum mencicipi kuliner Tanjungpinang, maka terlebih dahulu pendatang tersebut sudah merasakan kenyamanan serta keindahan di sepanjang jalan tersebut. Karena di sepanjang jalan tersebut bakal terang menderang. ”Nanti, langsung saja konfirmasi ke Satker itu aja,” sebut dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tanjungpinang, Bambang Haryanto mengatakan, pekerjaan pemasangan lampu PJU di sepanjang jalan menuju bandara, adalah pekerjaan Satker Perhubungan.

Ada sekitar 49 titik lampu PJU yang di pasang sepanjang jalan tersebut. Lampu yang menggunakan tenaga surya berasal dari APBN tahun 2017.  ”Berapa besarannya, saya tidak tau. Coba langsung konfirmasi ke Satker bersangkutan,” kata Bambang.

Ia mengaku, pemasangan lampu PJU berdasarkan usulan dari pihaknya. Kemudian, juga didukung oleh permintaan dari masyarakat setempat. Sehingga daerah tersebut merupakan titik utama pemasangan lampu PJU. ”Karena di daerah jalan itu sering rawan kecelakaan. Karena jalan itu gelap tidak ada lampu. Nanti, langsung saja tanya ke Satker ya. Nanti saya kirim nomornya,” sebut dia.

Hingga berita ini terbit, Ihwan dan Renhard dari Satker Perhubungan belum memberikan keterangan. Sebab, nomor handphone yang didapat awak media ini, tidak bisa dihubungi. ”Benar, pak. Kantornya ada di sebelah sini,” kata salah satu karyawati fotocopy saat awak media ini bertanya di mana kantor Satker tersebut.

Saat itu, kantor Satker tertutup rapat. Hanya terlihat lampu yang menyala di depan ruko tersebut. Belum diketahui, berapa nilai PJU yang bersumber dana APBN tahun 2018. Bila PJU nanti difungsikan, jalan menuju bandara di malam hari dipastikan terang. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here