PKBM Sarana Belajar Anak di Perbatasan

0
638
ANAK-anak sedang membaca buku di PKBM di Dusun Arung Hijau. F-ISTIMEWA

Keberadaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Dusun Arung Hijau, Desa Tiangau, Kecamatan Siantan Selatan perannya menjadi sangat penting. Terlebih Kabupaten Kepulauan Anambas yang berada di daerah perbatasan.

ANAMBAS – PKBM merupakan menjadi tempat belajar masyarakat, untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Sehingga, masyarakat yang ingin memiliki ijazah paket A, B serta C bisa melalui PKBM tersebut. Sehingga, mulai dari pihak pemerintah, instansi vertikal dan pihak perusahaan swasta hingga BUMN memberikan kontribusi untuk kemajuan PKBM.

Kontribusi yang dimaksud yakni, mendorong kemajuan pendidikan bagi masyarakat terdepan dan terluar di Anambas. Seperti halnya akses internet yang lancar, yang dibantu oleh pihak Kementerian Komunikasi Informasi melalui Lembaga Swadaya Masyarakat.

Baca Juga :  Pemenang Tender Jangan Perusahaan “Kaleng-kaleng”

”Buku-buku yang ada di PKBM atau taman bacaan kami, diperoleh dari sejumlah masyarakat yang menyumbangkannya. Sinyal internet ini dibantu oleh pihak Kemenkominfo, dan masih banyak lagi bantuan dari pihak lain,” terang Tamar Johan, selaku pendiri sekaligus pembina PKBM, Minggu (8/7).

Menurutnya, PKBM itu selain tempat bacaan gratis juga menyediakan tempat untuk masyarakat dalam proses belajar dan mengajar hingga proses ujian dalam meraih ijazah paket A, B dan C.

Untuk yang mengeluarkan ijazah tersebut, bukan bagian dari kewenangan pihaknya namun ijazah itu dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayan.

Baca Juga :  Desa Wajib Terapkan Aplikasi Siskeudes APBDes

”Kita sudah pernah meluluskan sejumlah masyarakat, untuk ijazah paket A dan B sedangkan ijazah paket C masih tahap proses belajar saat ini. Siswanya bukan hanya warga sekitar saja, tapi ada juga dari warga Tarempa, Palmatak dan masih banyak lagi lainnya,” jelas Tamar.

Diketahui, untuk mencapai ke tempat PKBM tersebut sangatlah mudah dan cukup menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dari Tarempa hanya menempuh jarak sekitar 5 Km saja.

Pastinya, target bagi PKBM ini untuk mencerdaskan bagi seluruh elemen masyarakat dan generasi muda yang sangat membutuhkan yang berada di wilayah terdepan dan terluar.

Baca Juga :  Pertamina Didorong Bangun Depo

”Awalnya merencanakan membangun TK Paud. Dikarenakan di Dusun Arung Hijau belum ada. Tapi setelah Paud berdiri, banyak permintaan untuk mendirikan yayasan PKBM ini. Alhamdulilah sudah banyak tamu yang berkunjung mulai dari Provinsi Kepri hingga dari Pemerintah Pusat yakni dari Jakarta,” ujar dia.

Sedangkan Kepala Desa Tiangau Hermansyah mengatakan, ia sangat berterima kasih kepada pendiri PKBM yang ada saat ini. Sejak berdirinya PKBM desa yang dipimpinnya, banyak dikunjungi tamu-tamu dari luar daerah Anambas.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here