PKL Dadakan Menjamur di Kota Lama

0
444
PASAR BARU: Tampak suasana pintu masuk Pasar Baru 1 kelola BUMD Tanjungpinang F-Suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Selama Ramadan, Pasar Baru Kota Lama dipenuhi oleh Pedagang Kaki Lima (PKL). Mereka menjajakan aneka kebutuhan Puasa maupun menyambut Idul Fitri.

Ada takjil, baju muslim, peralatan salat, dan pakaian baru yang identik dengan Lebaran. Romi (36), pedagang baju anak-anak mengaku, menyambut Idul Fitri banyak yang mencari pakaian untuk anak-anaknya. Meskipun saat ini, omzet penjualan masih terbilang sedikit karena sepi pengunjung, tetapi ia meyakini seminggu menjelang Lebaran akan ramai. Bahkan kini PKL sudah terbilang banyak.

”Saya yakin seminggu menjelang Ramadan akan ramai. Jadi kita memanfaatkan untuk berjualan disini sekarang,” ungkap Romi
yang mengaku berjualan pakaian di Pasar Atas, Kota Lama. Bahkan ia memprediksi, menjelang seminggu Lebaran pasar ini bakal penuh dan sesak karena banyak pengujung.

Ini akan menjadi momen meraup keuntungan lebih dari pada hari biasanya. Sementara Joko pedagang gorden menyebutkan, setiap tahun selalu berjualan di sini dengan beraneka ragam bentuk tersedia.

”Barang sudah siap pakai semua dengan berbagai bentuk dan ukurannya,” jelasnya. Jadi masyarakat tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan. Ini dinilai asimpel dan mudah karena tidak perlu menunggu proses menjait sudah tersedia.

Dengan ramainya PKL di kawasan Jalan Pasar Kota Lama, membuat jalan semakin sempit atau sulit dilalui karena banyak barang-barang di pinggir jalan. Hal itu diungkapkan Ratna, ruas pejalan kaki semakin kecil. Bahkan harus saling mengalah sesama pembeli lainnya. Bahkan trotoar khusus pejalan kaki di padati pedagang membuat sulit melintasi kawasan tersebut.

”Untungnya memang ada yaitu kita tidak perlu ke dalam lagi karena sudah banyak jenis yang di jual,” ungkapnya. Menurutnya, seharusnya pemerintah harus ada gerakan dari pemerintah untuk membuat kegiatan namun tetap tertata dengan tertib dan rapi. (cr27)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here