Pleno KPU Mulai Digelar

0
57
KPU BATAM mulai melakukan rekapitulasi hasil Pemilu 2019 pada Minggu (5/5). f-istimewa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, mulai menggelar pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kota di kantor KPU Kota Batam. Pleno sendiri mulai digelar Minggu (5/5), sesuai tahapan, pleno rekapitulasi tingkat kabupaten/kota harus sudah selesai pada 7 Mei 2019.

BATAM – ”Awalnya KPU Batam merencanakan pleno pada 4 Mei. Namun karena masih banyak kecamatan yang belum menyelesaikan rekapitulasi, rencana pleno di tingkat kota digeser menjadi 5 Mei,” ungkap Komisioner KPU Batam, Zaki Setiawan.

Diakui, siang hari sehari sebelumnya, diakui sudah tiga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang telah menyelesaikan pleno rekapitulasi tingkat kecamatan. Ketiganya adalah PPK Bulang, Belakangpadang, dan Galang.

”Sementara PPK lainnya dijadwalkan tanggal 4 Mei sore dan malam, sudah menyelesaikan rekapitulasi tingkat kecamatan,” katanya.

Kecamatan yang diperkirakan selesai malam minggu, ada Nongsa, Batuampar, Lubukbaja, Seibeduk, Batuaji, Bengkong, dan Batam Kota. Sedangkan PPK Sagulung dan Sekupang diupayakan bisa menyelesaikan rekapitulasi hingga batas akhir 4 Mei.

”Mengingat di kedua kecamatan ini jumlah TPS sangat banyak dan ada beberapa kendala yang menghambat rekapitulasi,” sambung Zaki.

Diingatkan, jikapun masih ada PPK yang belum selesai rekapitulasi hingga 5 Mei, KPU Batam tetap akan melangsungkan pleno di tingkat kota. Pleno akan dilakukan dengan merekapitulasi kecamatan-kecamatan yang sudah selesai terlebih dulu.

”Sambil menunggu PPK lain yang masih menyelesaikan rekapitulasi di tingkat kecamatan. Kita mulai hari ini sore hari pleno,” bebernya.

Dengan demikian, pleno di tingkat kabupaten/kota tetap bisa jalan, meskipun belum seluruh PPK selesai pleno. Sambil menunggu PPK tertentu menyelesaikan pleno, KPU Batam akan melaksanakan rekapitulasi terhadap kecamatan-kecamatan yang sudah selesai.

”Harapannya pleno di tingkat KPU Kota Batam bisa dilaksanakan dengan lancar dan tidak banyak kendala. Mengingat KPU Batam hanya merekapitulasi saja hasil dari kecamatan-kecamatan dan semua persoalan di tingkat TPS seharusnya sudah tuntas saat pleno di kecamatan,” harap dia.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here