PLN Bangun Jaringan Listrik di Kundur

0
333
GENERAL Manager PLN Wilayah Riau Kepri Irwansyah (kanan) dan Bupati Karimun Aunur Rafiq sepakat untuk mengatasi persoalan listrik di Kabupaten Karimun belum lama ini. F-istimewa
Tahun ini pihak PLN Riau Kepri merencanakan pengembangan jaringan listrik, di Kabupaten Karimun khususnya Pulau Kundur. Rencana ini bentuk respon pihak PLN, setelah pertemuan Bupati Karimun Aunur Rafiq ke kantor PLN Riau-Kepri belum lama ini.

KARIMUN – General Manager (GM) PLN Riau Kepri Irwansyah, turun langsung ke ke Pulau Kundur untuk melihat rencana perluasan jaringan listrik di Kabupaten Karimun tahun 2019.

”Hari ini, manajer PT PLN Riau Kepri Irwansyah bersama yang lain turun ke Pulau Kundur. Untuk menindaklanjuti hasil pertemuan dengan Bupati Karimun Aunur Rafiq di Pekanbaru, beberapa waktu lalu. Karena beliau sendiri yang sampaikan akan turun ke pulau,” kata Kabag Humas Setda Karimun, Didi Irawan, Selasa (12/3) kemarin.

Baca Juga :  Blanko KTP-el Numpuk

Kemarin, PT PLN akan membuat jaringan listrik menyala di Pulau Buru dan Durai pada Maret dan April ini. Untuk Kecamatan Belat, akan beroperasi pada akhir tahun 2019.

Ini untuk mengatasi persoalan listrik, yang sudah lama ditunggu tunggu masyarakat sekian lama. Di Pulau Belat, perlu dilakukan perluasan jaringan listrik karena masih ada beberapa dusun yang belum terpasang aliran listrik.

Masyarakat di sana, saat ini menggunakan genset sebagai alat penerangan masyarakat. Untuk listrik masih beroperasi 18 jam, maka akan diupayakan atau paling lambat akan beroperasi selama 24 jam sebelum akhir tahun 2019.

Baca Juga :  Dishub Janji Tertibkan Lori Tanah

Diperlukan waktu pemasangan jaringan dalam beberapa bulan ke depan, jika sudah bisa beroperasi 24 jam. Maka, beban masyarakat akan berkurang tentang kebutuhan listrik.

”Selain untuk kebutuhan rumah tangga, dengan listrik beroperasi 24 jam dapat menumbuhkan UKM yang dikelola masyarakat seperti sektor pertanian, perikanan dan lain,” ungkap Rafiq.

Masyarakat terkendala mengembangkan usaha karena terbentur listrik, karena harus menggunakan mesin genset dan operasional tinggi.

Pantauan Tanjungpinang Pos, jaringan listrik di Pulau Karimun saat ini terlihat belum digunakan. Pemasangan kabel diantara tiang yang sudah lama, tidak kunjung dilakukan pihak PLN Ranting Tanjungbalai Karimun.

Baca Juga :  KKKS Ikut Penentu Calon Kepsek

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun berupaya peningkatan layanan listrik di tingkat desa, dan pengentasan krisis listrik di Pulau Buru dan Durai.

Rabu (27/2), Aunur Rafiq melakukan kunjungan kerja ke Kota Pekanbaru untuk menemui Irwansyah .

Kehadirannya di Kantor PLN Riau Kepri ini, untuk mendorong PLN agar dapat membantu peningkatan listrik di Karimun. (ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here