PLN Batam Siapkan Dua Transmisi Baru

0
726
Kantor pelayanan PLN Batam di Baloi, Batamf-istimewa

BATAM – Bright PLN Batam, saat ini menyiapkan dua transmisi baru dalam memperkuat kemampuan listrik Batam. Sehingga mengurangi potensi listrik Batam drop. Dimana, satu transmisi itu terletak di Batu Besar, Nongsa dan satu lagi transmisi dari Sei Harapan, Tanjung Uma, hingga Tanjung Sengkuang.

Hal itu diungkapkan Sekretaris PLN Batam, Samsul Bahri, Kamis (2/8) di Batam. Namun diakui, untuk tahun ini yang akan dikejar untuk penyelesaiannya, pembangunan transmisi di Batubesar, Nongsa. Pembangunan akan dibangun pihak ketiga, yang sudah tersertifikasi.

”Yang akan kita kejar pertama, di Batu Besar, Nongsa. Kontrak sudah ada. Gardu induk sudah dibangun, tinggal transmisi yang lagi mau dibangun,” katanya.

Baca Juga :  Penghapusan Denda PBB-P2 Diperpanjang

Sementara untuk transmisi dari Sei Harapan, Tanjung Uma, Tanjung Sengkuang, diakui masih dalam proses survey. Setelah selesai survey, baru akan disusun rencana pembangunan. Diharapkan, jika tidak bisa dimulai tahun ini, tahun depan sudah dilakukan proses.

”Setiap tahun ada pelanggan bertambah, kita harus bersiap untuk itu. Kalau transmisi tidak dibangun, kasihan pelanggan. Survey sudah kita lakukan, untuk mengetahui, transmisinya lewat mana,” beber dia.

Disebutkan, dengan bertambahnya pelanggan, namun jika jaringan tidak disiapkan, maka jika saat terjadi drop, maka akan menimbulkan masalah, karena tidak ada backup. Dimana, kapasitas peralatan PLN Batam juga terbatas, sehingga perlu antisipasi, sehingga beban tidak over.

Baca Juga :  Rudi Ajak Peduli Lingkungan

”Ini yang kita jaga agarjaringan dalam kota, stabil. Semoga pembangunan segera, sehingga masyarakat bisa menikmati,” harap dia.

Dimana saat ini, pelanggan PLN, baik bisnis, sosial, industri dan rumah tangga, sekitar 300 ribu. Dengan jumlah pelanggan itu, diakui butuh back up daya mengantisipasi kebutuhan, agar masyarakat tidak terganggu. Dimana, sesuai dengan komitmen PLN dan Gubernur, diakui memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

”Sesuai komitmen kita, meningkatkan mutu, keandalan dan memberikan pelayanan terbaik. Kita akan fokus tahun ini peningkatan pelayanan, mutu, pengembangan jaringan. ?Kita komit dengan standard mutu yang harus dipenuhi, karena ini dikontrol Pemprov terus,” bebernya.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Motivasi Personil BKO di Jakarta

Sementara untuk pengembangan jaringan, tahun ini tetap berjalan hingga ke Rempang-Galang. ”Kita fokus tahun ini untuk hiterland. Sebagian hiterlan sudah menikmati, walau belum semua. Tapi kita mengembangkan jaringan dihiterland, walau kita tidak disubsidi. Seperti ke Rempang, Tanjung Berikat dan Pulau Kengkeng,” beber Samsul.

Diakui, pengembangan jaringan listrik ke hiterland, PLN Batam termaksud tidak untung. Namun mereka tetap menjalankan komitmen pengembangan jaringan kesana, sebagai komitmen untuk membantu masyarakat.

Harapannya, perekonomian masyarakat di hinterland bisa berkembang lebih baik lagi.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here