PLN Karimun Dapat Tambahan Daya 17 MW

0
1086
KARIMUN: Instalasi listrik milik PLN Karimun.F-istimewa

KARIMUN – PLN ranting Tanjungbalai Karimun mendapat tambahan daya 17 MW tahun ini. Tahap awal sedang pembangunan power house dan travo step up, diperkirakan rampung sebelum akhir tahun 2017 hingga total daya listrik tersedia di Karimun mencapai 48 MW.

Hal itu diungkapkan Manager Ranting PT PLN (Persero) Tanjungbalai Karimun, Fauzan kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (9/4) kemarin.

Total daya saat ini tidak lebih dari 30 MW. Sementara saat beban puncak mencapai 25 MW, sisanya untuk stand by apa bila terjadi gangguan pada mesin pembangkit lainnya.

Baca Juga :  Dewan Ngadu ke Kemenhub Terkait Izin PT GRM

Daya listrik Karimun dipasok dari PLTD Bukit Carok, Tebing. Dimana ada mesin milik PLN ada mesin sewa dan dibantu dari daya PLTU di Tanjung Sebatak, pemadaman bergilir dilaksanakan jika ada gangguan dari PLTU dan rusaknya mesin pada PLTD Bukit Carok dan faktor alam dan kelalaian manusia. Terang Fauzan

Kerusakan bisa terjadi pada bagian mesin, dimana komponen mesin sampai waktunya harus diganti atau rusak, faktor alam karena hujan disertai gemuruh atau petir dan tumbangnya pohon yang mengenai jaringan listrik, sedangkan faktor manusia terkadang melakukan pembakaran lahan dan mengenai kabel listrik.

Baca Juga :  Dewan dan OPD Bahas KUA PPAS APBD 2018

Jika tahun ini terealisasi 48 MW daya listrik, maka stok Karimun akan bebas dari krisis listrik selama ini yang dikeluhkan masyarakat atau investor yang hendak berinvestasi. Penambahan daya menjadi tugas utama saat ini, sebagaimana tuntutan perkembangan daerah.

Di tempat terpisah, Bupati Karimun Aunur Rafiq telah mengajukan permohonan koneksi gas dari Batam ke Karimun. Sehingga listrik untuk kebutuhan industri dapat dipasok tenaga gas, seperti di salah satu kawasan industri di Batam. (ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here