PLN Kecewa Syahbandar Tahan Kapal Gas

0
956

Operasional PLTMG Tanjungkruing Molor

BINTAN – MANAGER SDM dan Humas PLN Riau-Kepri, Dwi Suryo menyatakan, pihaknya kecewa kepada pelayanan Syahbandar Tanjungubang, Bintan. Karena belum memberikan izin untuk berlabuh kapal pengangkut gas.

Akibatnya, pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berdaya 9 MW di Tanjungkruing, Desa Teluksasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan molor.

”Sudah 1 bulan lebih kapal pengangkut gas untuk PLTMG terapung-apung di perairan Tanjunguban. Karena tidak boleh merapat oleh Syahbandar setempat,” kata Dwi Suryo, Jumat (2/2) kemarin.

Kata dia, mesin PLTMG ini cadangan listrik di Pulau Bintan. Jika jaringan interkoneksi yang disuplai dari PLTU Tanjungmoco, Batam ke Pulau Bintan mengalami gangguan atau kerusakan, PLN Tanjunguban akan mengandalkan cadangan daya PLTMG ini. Kemudian, PLTMG ini juga difungsikan untuk kawasan industri Lobam.

Baca Juga :  Senam Bersama LK2S, Lansia Dapat Sembako

”Kita tidak dikasih tahu, apa kendalanya oleh pihak Syahbandar. Kalau ada kurang izinnya di mana, biar kami lengkapi. Karena ini menyangkut kebutuhan orang banyak,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, pada saat mesin pembangkit datang, kapal pengangkut mesin pembangkit listrik PLTMG bisa bongkar. Tapi kenapa, saat kapal pengangkut gas tidak boleh berlabuh?

”Padahal, izinnya sudah disampaikan melalui Pak Gubernur dan ESDM Pemprov Kepri,” tegasnya.

”Industri Lobam, jika listrik interkoneksi padam, kita telah memiliki cadangan daya yang dihasillkan PLTMG,” tambahnya.

Baca Juga :  Lahan BUMDes Harus Diperjelas

Kata dia, PLTMG salah satu bahan bakarnya adalah gas, karena gas belum masuk maka PLTMG di Tanjungkruing Desa Teluksasah yang memiliki kapasitas daya sekitar 30 MW, belum bisa dioperasikan. ”Ini untuk masyarakat dan industri, mestinya harus didukung oleh semua stakeholder,” harapnya.

Listrik Numbing
Selain PLTMG Tanjungkruing Teluksasah, pihak PLN juga ingin membangun jaringan dan instalasi listrik di daerah pulau, Desa Numbing, Kecamatan Bintan Pesisir. PLN akan menyediakan dua unit mesin diesel, untuk menyediakan daya 2×500 kVA. Pembangunan ini sudah diawali dengan pertemuan Unit Pelaksana Proyek Kelistrikan (UP2K) PLN Provinsi Kepri dengan Pemkab Bintan, PT Numbing Jaya dan warga, Kamis (1/2) lalu.

Baca Juga :  BKPM Jaring Keluhan Pengusaha

Dalam pertemuan pembahasan hibah lahan ini, hadir Yuniar Budi Satrio selalu Manager UP2K Kepri, Nehru, Asman Perencanaan konstruksi UP2K Kepri Amran, Adm Kantor PLN Musril, Manajer Rayon PLN Kijang Syarifuddin. Dari Pemkab Bintan hadir Bupati Bintan H Apri Sujadi, Wabup H Dalmasri Syam, pihak perusahaan PT Numbing Jaya, camat dan kades setempat.(ABAS-YENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here