PLN Siap Mendukung Kawasan Ekonomi Baru

0
328
Batam - Salah satu kantor pelayanan PLN di Baloi, Batam f-istimewa

BATAM – Rencana pengembangan kawasan terpadu di Sekupang atau destinasi parawisata di Batam, dipastikan mendapat dukungan daya listrik yang cukup. PLN Batam mengakui kalau energi yang tersedia masih cukup. Bahkan, jika daerah Rempang dan Galang hingga Galang Baru, PLN Batam siap untuk mengaliri listriknya.

Direktur Bisnis Bright PLN Batam, Husnus mengatakan, saat ini PLN membantu menyediakan daya listrik untuk Batam, Bintan dan Tanjungpinang. PLN Batam dalam hal ini, siap untuk membantu menyiapkan daya, sesuai dengan permintaan. Demikian jika Batam dalam hal ini, Badan Pengusahaan (BP) dan Pemko Batam akan mengembangkan kawasan baru.

”Kalau industri bangkit. Sekupang dikembangkan dan parawisata maju, termaksud di Galang, daya PLN Batam cukup,” kata Husnus.

Bahkan untuk daerah Rempang-Galang, PLN Batam berharap industri bangkit. Baik industri parawisata, perikanan dan lainnya. Sehingga dari penggunaan listrik juga akan membantu masyarakat. ”Kalau penggunaan industri besar, perumahan bisa terbantu dan mempercepat jaringan diterima masyarakat,” jelasnya.

Sementara untuk daya, diakui kemampuan pembangit PLN Batam saat ini, 507 MW. Konsumsi Batam-Bintan pada puncaknya sekitar 370 MW. ”Itu pun Tanjung Uncang masih off. Kita siapkan pembangkit, sehingga saat industri Tanjunguncang menggeliat, daya sudah siap,” jelasnya.

Menurutnya, pembangkit Tanjung Uncang dihidupkan, jika pelanggan sudah jelas. Sehingga tidak terjadi pemborosan. Apa lagi daya yang saat ini masih lebih besar dari yang digunakan. ”Kalau Tanjunguncang dihidupkan, harus jelas pembeli. Konsumsi Bintan masih 30 persen dari daya yag bisa dijual PLN Batam. Itu tanpa Tanjunguncang,” sambungnya.

Manager of Public Relation, Bukti Panggabean mengatakan sebelumnya untuk daya, PLN memadai. Namun, jika ada pemadaman, disebutkan bisa disebabkan karena pemadaman yang terencana dan pemadaman yang tidak terecana. Pemadaman terencana terjadi, karena ada kegiatan pemeliharaan atau penambahan pelanggan perumahan serta industri.

”Sementara untuk pemadaman tidak terencana merupakan pemadaman akibat terjadinya gangguan yang tidak direncanakan. Tapi jika secara kesediaan daya, kita cukup,” imbuhnya.(mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here