PLTD Pian Tengah Siap Beroperasi

0
520
SIAP BEROPERASI: Mesin PLTD berdaya 5 Megawatt (Mw) telah terpasang di Desa Pian Tengah dan dalam waktu dekat mesin tersebut akan segera dioperasikan. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – PEMBANGKIT Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Piang Tengah Kecamatan Pulau Tiga sudah dinyatakan siap dioperasikan. Sebab, semua perangkat mesin sudah terinstalasi.

Terpantau di lokasi, mesin bertenaga diesel itu sudah terpasang dengan rapi di gedung yang dibangun di simpang Pian Tengah. Selain itu, koneksi mesin juga sudah tersambung antara mesin yang satu dengan lainnya.

Demikian juga dengan tangki bahan bakar, penampung bahan bakar yang berkapasitas 200 kilo liter itu sudah terlihat tegak berdiri di belakang gedung mesin.

”Kalau mesin sebetulnya sudah siap beroperasi, karena semuanya sudah terpasang,” kata Petugas Mesin PLN Natuna, Heru Katsuara di Gedung Pembangkit Listrik Pian Tengah, kemarin.

Pembangkit listrik itu merupakan, pembangkit yang baru. Keberadaannya untuk membackup pembangkit listrik yang ada di Ranai guna memenuhi keperluan masyarakat dan pembangunan Natuna.

”Mengenai kapan beroperasi dan tahapan pemasangan jaringannya kami belum tahu. Baiknya, ke Manajer PLN Natuna. Karena jaringan juga dikelola oleh pihak ketiga,” ujar Heru.

PLTD Pian Tengah memiliki yang kapasitas 5 megawatt itu, akan difungsikan untuk mendorong gerakan pembangunan di wilayah Setengar, Kecamatan Bunguran Selatan dan wilayah Selat Lampa, Kecamatan Pulau Tiga serta sejumlah desa sekitarnya.

”Untuk saat ini, masyarakat sekitar masih menggunakan daya yang terkoneksi dengan pembangkit yang ada di Ranai, tapi nanti kalau sudah beroperasi jaringannya akan terkoneksi ke mesin kita yang ada di sini,” pungkasnya.

Namun, hingga kini usai pemasangan mesin tersebut telah rampung. Pengoperasiannya masih menunggu kejelasan dari pihak ketiga, terkait pemasangan jaringan.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here