PLTS Rusak, Sekolah Pakai Genset

0
542
ENERGI TERBARUKAN: Salah satu pengembangan energi terbarukan listrik oleh kampus UMRAH melalui kipas turbin yang dapat digunakan di pulau-pulau terpencil. F-ISTIMEWA UMRAH

ANAMBAS – HINGGA kini, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP) Negeri 1 Desa Nyamuk Kecamatan Siantan Timur, belum memiliki daya listrik yang memadai. Untuk kelangsungan proses belajar sehari-hari, sekolah tersebut terpaksa mengandalkan mesin genset untuk menghasilkan daya listrik. Sebab, PLTS terpusat ada di area sekolah tapi tak aktif. Kepala sekolah ( Kepsek) SMPN 1 Siantan Timur Safaruddin mengatakan, PLTS mengalami kerusakan pada salah satu komponennya.

Sehingga, PLTS bantuan Pemerintah Pusat dengan kapasitas 20 KWP itu tidak beroperasi. Ia juga telah melakukan upaya, untuk mengajukan agar dapat diperbaiki namun masih mengalami kendala. ”Bantuan PLTS diberikan pada tahun 2014, tapi kini sudah rusak. Belum bisa diperbaiki, terpaksa sekolah beli mesin genset,” ungkap Safaruddin, Kepsek SMAN 1, kemarin.

Pihaknya sangat merasa kesulitan untuk berkoordinasi saat ini, sebab daerah tidak memiliki kewenangan lagi dan kini diambil alih oleh Provinsi Kepri. Ia juga tidak mengelak, penggunaan mesin genset cenderung merugikan mulai dari belanja bahan bakar untuk menghidupkan hingga dampak kebisingan dari mesin genset tersebut, Untuk itu, per bulannya diperkirakan menghabiskan biaya sebesar Rp 800 ribu hanya untuk membeli bahan bakar. ”Selain mengganggu ketenangan proses belajar akibat suara mesin, biaya operasional sekolah bertambah,” jelasnya.

Ia berharap, Pemda ke depannya bisa memberi solusi dan segera melakukan perbaikan terhadap PLTS yang mengalami kerusakan. ”Mudah-mudahan tahun depan Pemda bisa memperbaiki PLTS yang dimiliki oleh sekolah,” tukasnya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here