PLUT Belum Berfungsi Maksimal

0
265
Usman

ANAMBAS – Pembangunan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Kepulauan Anambas sudah selesai sejak tahun 2017 silam. Kini, gedung tersebut sudah difungsikan meski belum maksimal.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kepulauan Anambas Usman mengatakan, PLUT tersebut merupakan pusat konsultasi untuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Kepulauan Anambas.

”Siapa saja boleh untuk melakukan konsultasi disana, dan mengenai usaha usaha apa saja bisa melakukan konsultasi disana gratis tanpa dipungut biaya,” jelas Usman, kemarin.

Tenaga konsultan sudah lengkap, yakni lima orang yang melayani konsultasi bidang pembiayaan, produksi, kelembagaan, pemasaran dan quality control (qc). Dua orang diantaranya merupakan ahli dari luar daerah, dan tiga lainnya dari tenaga lokal.

”Boleh home industry atau bentuk usaha lain termasuk UKM bisa konsultasi disana,” jelasnya lagi.

Belum diketahui sudah berapa orang yang sudah melakukan konsultasi rapi dirinya berharap jika belum banyak, dirinya meminta agar para konsultan tersebut melakukan jemput bola atau mendatangi para pengusaha yang membutuhkan bimbingan.

”Plut di bawah koordinasi Dinas Koperasi, kita secara lisan sudah meminta agar para konsultan tersebut jemput bola karena masih banyak warga yang belum tahu,” ungkapnya.

Diakuinya, meski gedung sudah jadi, tapi fasilitas didalamnya masih minim. ”Fasilitasnya masih minim, ruang galeri juga belum ada, jadi belum bisa pasang produk,” tandasnya. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here