PMI Rangkul Pelajar dan Masyarakat

0
70
HUT PMI ke-73, digelar gerak jalan santai bersama masyarakat dan pelajar. F-ISTIMEWA

NATUNA – Palang Merah Indonesia (PMI) memperingati HUT PMI ke-73, dan organisasi pemerintah ini merangkul masyarakat umum dan pelajar guna memperkuat diri.

Kegiatan HUT diisi dengan gerak jalan santai, dan diskusi yang diikuti oleh 100 orang pelajar lintas sekolah. Kegiatan ini dipusatkan di komplek Masjid Agung Natuna, Selasa (11/9). PMI melibatkan pelajar, dikarenakan mereka sebagai generasi penggerak PMI ke depan.

”Hari ini kami memperingati HUT PMI ke-73. Kami ingin terus berbenah agar PMI lebih kuat ke depannya,” kata Ketua PMI Natuna, Ngesti Yuni Suprapti di Sekretariat PMI, Komplek Masjid Agung Natuna.

Ia berkata, dalam upaya ini PMI mengambil sejumlah langkah berupa penyiapan sarana dan dan penyiapan SDM. Langkah pertama yang diambil adalah, untuk menyiapkan SDM. Langkah ini disasar melalui sosialisasi dan pembinaan terhadap pelajar, sebagai generasi PMI ke depan.

Tahun ini PMI juga akan menyekolahkan tiga orang generasi PMI, untuk mengiktui Akademi Transfusi Darah di Jakarta dan Jogjakarta. Selain langkah ini, PMI juga berkoordinasi dengan setiap desa agar mereka dapat menyiapkan relawan pendonor di desa masing-masing.

”Kami juga berupaya melengkapi sarana. Kami ingin bisa melakukan transfusi darah sendiri sesusai dengan yang diamanatkan undang-undang,” sebut Ngesti, yang kesehariannya sebagai Wakil Bupati Natuna.

Ia menambahkan, saat ini PMI hanya bisa menyediakan relawan donor darah, merekrut dan membina relawan. Selebihnya, kegiatan penyediaan darah dilaksanakan oleh RSUD Natuna.

”Kami belum bisa melakukan transfusi darah karena kami belum ada alat dan ahlinya untuk itu. Dan ini lah yang jadi target kami ke depan, agar transfusi tidak dilakukan RSUD,” jelasnya.

Sesuai data milik RSUD Natuna dan PMI, Natuna rata-rata perbulan memerlukan darah sebanyak 120 kantong. Sementara, jumlah pendonor aktif di Natuna sebanyak 40 orang.

”Fokus kami untuk tahap pertama ini diprioritaskan untuk peningkatan SDM. Bulan ini kami akan mengirim anggota ikut pelatihan ke Jatiluhur. Mudah-mudahan dengan ini PMI jadi lebih kuat,” harapnya. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here