PMII Minta Kades Terpilih Cepat Dilantik

0
474
TERIMA ASPIRASI: Plt Sekda Adi Prihantara, Kabagpem Bambang S dan Kakesbangpol Karya Harmawan mendengarkan aspirasi dari PMII, Rabu (12/7) kemarin. F-YENDI/TANJUNGPINANG POS

BINTANBUYU – Enam orang mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) mengadakan pertemuan dengan jajaran Pemkab Bintan, untuk mempertanyakan tentang tindak lanjut hasil Pilkades Bintan Buyu, Rabu (12/7) kemarin. Setelah mendapat penjelasan, PMII justru menyarankan agar Kades Bintan Buyu terpilih segera dilantik.

Dalam pertemuan itu hadir Plt Sekda Adi Prihantara, Kabag Administrasi Pemerintahan Bambang Sugianto, Kepala Kesbangpol Karya Harmawan dan jajaran Polres Bintan. Kabagpem Bambang Sugianto menjelaskan, Pilkades Bintan Buyu dilaksanakan sesuai dengan tahapan dan aturan yang berlaku. Namun, pada proses penghitungan suara tahap akhir April, terjadi sedikit kendala dari pihak panitia penyelenggara.

Kemudian, masalah tersebut dilimpahkan kepada panitia kabupaten. Awalnya, seluruh pihak setuju untuk dilakukan penghitungan ulang, 19 Mei 2017 lalu. Selanjutnya, kotak suara diamankan di Kantor Camat Teluk Bintan. Kunci kotak suara dipegang oleh Ketua panitia penyelenggara Pilkades, Karim. Namun, tanggal 23 Mei, Karim tidak hadir di Kantor Camat Teluk Bintan. Akhirnya ditunda sampai tanggal 24 Mei, yang juga tidak dihadiri Ketua Pilkades.

”Saat itu menganggap ketua penyelenggara undur diri. Proses penghitungan ulang tetap dilanjutkan. Calon atas nama Hafiz terpilih. Itu diakui oleh semua unsur, termasuk wakil ketua panitia dan calon Pilkades yang hadir,” jelas Bambang.

”Sampai sekarang, Pak Bupati belum ada campur tangan. Proses dilaksanakan secara transparan kok,” sambungnya. Dari penjelasan itu, Jasman Ketua PMII menyatakan, pihaknya mendukung proses dan mekanisme yang sudah dijalankan Pemkab Bintan itu. PMII justru mendesak agar Bupati Bintan H Apri Sujadi melantik Kades terpilih.

”Kami menyarankan agar Pemkab Bintan menyosialisasikan proses dan mekanisme serta aturan di Pilkades Bintan Buyu ini. Sehingga, warga hadir dan segera dilantik Kades terpilihnya,” tegas Jasman yang turut dibenarkan oleh rekannya Sigit. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here