PMK Terbit, Gaji 14 Cair

0
1577
Heru Pudyo Nugroho

TANJUNGPINANG – Setelah Presiden RI Joko Widodo meneken Peraturan Pemerintah (PP) tentang tentang gaji 14, pekan lalu, giliran Menteri Keuangan Sri Mulyani mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

PMK ini diterbitkan, Rabu (14/6) sore. PMK inilah yang ditunggu-tunggu untuk mencairkan gaji 14 atau Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri. Dengan terbitnya PMK ini, maka seluruh satuan kerja (Satker) kementerian/lembaga di Kepri diminta segera mengajukan pencairan gaji-14 atau Tunjangan Hari Raya (THR).

Kepala Kanwil Dirjend Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan Provinsi Kepri, Heru Pudyo Nugroho mengatakan, APBN untuk THR sudah ada. Untuk pencairannya sudah bisa dilakukan karena PMK sudah diterbitkan.

”Alhamdulillah, kemarin sore (Rabu, red), sudah dirilis PMK tentang THR, gaji 13 dan pensiun ke 13,” ujarnya, Kamis (15/6). Kemarin, mereka langsung koordinasikan dengan semua instansi melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yang ada di Tanjungpinang dan Batam untuk segera mengajukan permintaan pembayaran THR.

”Untuk pensiun ke-13, melalui PT Taspen. Saya targetkan, sebelum tanggal 23 Juni semua suday terbayarkan ke para pegawai,” jelasnya lagi. Adapun data pembayaran THR untuk PNS pusat, TNI dan Polri sekitar 31.848 penerima yang tersebar pada 237 instansi/satuan kerja (Satker). Total THR yang akan dibagikan sekitar Rp 45 miliar.

Baca Juga :  Mesin KM. Bukit Raya Rusak di Natuna

”Sebagian mungkin sudah mengajukan. Tapi siapa tau masih ada yang belum biar segera mengajukannya. PMK sudah keluar, langsung kita cairkan nanti,” tambahnya. Dijelaskannya, THR untuk pegawai, TNI/Polri sudah di-posting di APBN 2017. Namun, untuk mencairkannya perlu Peraturan Pemerintah (PP) yang diteken Presiden.

Sedangkan petunjuk teknis pencairan diturunkan lagi melalui PMK. PMK itu sudah diterbitkan. Pengajuan pencairan THR ini diserahkan ke KPPN Tanjungpinang dan Batam. KPPN Batam melayani Batam dan Karimun. Sedangkan KPPN Tanjungpinang melayani Tanjungpinang, Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas.

”Nanti pencairannya melalui dua KPPN tersebut. Seperti biasa, usulan pencairan itu sesuai jumlah PNS (Pegawai Negeri Sipil) di satkernya masing-masing,” ungkapnya. Pengajuan pencairan THR ini berlaku untuk satker kementerian/lembaga saja. Sedangkan PNS daerah ada di masing-masing Pemda.

Satker kementerian/lembaga yang dimaksud seperti, Polri, TNI AD, TNI AL, TNI AU, Kejaksaan, Pengadilan, Pelindo, KSOP, Bea Cukai dan lainnya. Sebagai contoh, masing-masing polresta terhitung satu satker.  Sebagaimana diketahui, Peraturan Pemerintah (PP) tentang THR dan gaji ke-13 untuk PNS sudah diteken Presiden RI Joko Widodo. Dengan demikian pembayarannya sudah bisa dilakukan mulai 13 Juni.

Baca Juga :  Listrik Tiga Pulau Menyala 24 Jam

Pensiun 13 Segera Dibayar
Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H, PT.Taspen (Persero) akan membayarkan pensiun 13 kepada para penerima pensiunan dengan mendasari Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2017 tanggal 13 Juni 2017.

Kepala PT Taspen Tanjungpinang, Revi Mutiari dalam rilisnya mengatakan, pembayaran akan dimulai tanggal 19 Juni sampai 23 Juni 2017 dan pembayarannya melalui Mitra Bayar Perbankan dan Kantor Pos. Pembayaran pensiun 13 ini harus diterima utuh tanpa potongan apapun.

PT. Taspen (Persero) selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik dan melebihi harapan dari peserta Pensiun. Keluarga Besar PT. Taspen (Persero) TanjungPinang mengucapkan Selamat menyongsong hari kemenangan Idul Fitri 1438 H. Dan semoga ibadah di bulan Ramadan dapat mampu menghapus dosa-dosa yang telah lalu.

”Minal Aidin Wal Faidzin. Semoga kita termasuk orang yang kembali kepada Fitrah dan mendapat kemenangan. Amin YRA,” katanya.

Gaji 13 Dibayar Awal Juli
Menurut Kabid Penyusunan Kebijakan Gaji SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Diah Faraz, pembayaran gaji ke-14 alias THR dan gaji ke-13 dilakukan secara terpisah. Hal ini disesuaikan dengan peruntukannya.

Baca Juga :  Ketua Dewan Pers Minta SMSI Perkuat SDM di Media Siber

”Kalau THR dibayarkan dua pekan sebelum lebaran. Sedangkan gaji 13 awal Juli untuk persiapan anak masuk sekolah,” kata Diah, pekan lalu. Sesuai surat dari Dirjen Perbendaharaan Negara, gaji ke-13 dibayarkan Juli. Sedangkan THR PNS pembayarannya 13 Juni.

Disebutkan juga, dalam rangka persiapan dan menjaga kelancaran pelaksanaan pembayaran gaji 13 dan THR, serta mengingat libur hari raya Idul Fitri yang jatuh pada 25-26 Juni dan cuti bersama 27-30 Juni, KPPN diminta menyelesaikan SP2D gaji induk bulan Juli sebelum 12 Juni dengan diberi tanggal 3 Juli.

Dirjen Perbendaharaan Negara dalam suratnya juga menyebutkan, mulai 13 Juni KPPN diminta fokus menyelesaikan pembayaran THR dan pensiun ke-13. Dan mulai 3 Juli untuk pembayaran gaji ke-13. (mas/jpnn)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here