PODSI Berupaya Pertahankan Gelar Juara Umum

0
551
PIALA WALI KOTA CUP: Para peserta dragon boat luar daerah dan luar negeri saat mengikuti lomba dragon boat di Perairan Sungai Carang, belum lama ini. f-dok/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pengurus cabang olahraga (pengcabor) Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Tanjungpinang siap pertahankan predikat juara umum di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepulauan Riau tahun 2018. Porprov mulai digulirkan 28 Oktober di Tanjungpinang.

Hal ini diungkapkan Sekretaris PODSI Tanjungpinang Hariyati, kemarin. “Lebih sulit mempertahankan gelar juara umum daripada merebut juara umum. Kita di Porprov 2014 lalu di Karimun keluar sebagai juara umum di cabang dayung,” bebernya.

Dari 8 medali emas yang diperebutkan di Porprov 2014 lalu, atlet dayung adal Kota Gurindam mampu menyumbangkan lima emas, dan satu perunggu. Kata dia, prestasi olahraga dayung di Kepri mulai merata.

Tanjungpinang masih yang terbaik, tidak berarti daerah lainnya akan tinggal diam. Karimun dan Batam, dua daerah ini memiliki atlet yang tidak boleh dianggap remeh. Belum lagi atlet dari daerah lainnya seperti Natuna dan Anambas.

Sebelum membentuk skuad nanti akan dilakukan seleksi. Ada 80 atlet dayung, baik dragon boat maupun kayak dan kayo akan di seleksi. Untuk kayak dan kayo masing-masing di cari enam atlet. Untuk dragon boat, akan diambil 22 atlet minimal. 10 atlet akan di turunkan untuk kategori 10 pedayung untuk 500 meter dan 20 pedayung untuk 1000 meter.

”Kita juga ingin agar daerah lainnya mengirimkan atlet kayak putri. Selama ini nomor kayak putri belum pernah dilaksanakan karena minim peserta,” tegasnya.

Event empat tahun sekal ini, kata Hariyadi, khusus untuk cabang dayung bakal terjadi kejutan. Atlet dari pulau-pulau akan menujukan kebolehanya. Lintasan yang digunakan adalah lintasan dayung di perairan Sungai Carang. ”Perairan Sungai Carang yang akan dijadikan tempat pertandingan kayak, kano dan dragon boat di Porprov sudah memenuhi standar internasional,” bebernya.

Selama 2017 ini, sambung dia banyak event dragon boat digelar. Baik yang digelar oleh Dinas Pariwisata Tanjungpinang dan digelar Dispora ditambah lagi yang digelar warga Pelantar, semakin mumudahkan PODSI melakukan seleksi.”Kita mencari atlet terbaik agar juara umum yang pernah disandangnya, bisa dipertahankan,” harapnya. (bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here