Pokdarwis Harus Majukan Wisata

0
678
KAWASAN Bukit Benteng Desa Mepar salah satu potensi pariwisata Lingga.f-tengku/TANJUNGPINANG POS

Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Lingga meminta, agar Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang telah terbentuk di desa yang menjadi destinasi pariwisata menunjukan andil untuk memajukan wisata yang di wilayah masing-masing.

LINGGA – Hal ini dikatakan Kepala Disparpora Lingga Raja Fahrurrazi, Jumat (10/8).

”Pokdarwis yang sudah terbentuk di Lingga di antaranya Pokdarwis Desa Resun, Benan dan Desa Panggak Darat. Kami mengharapkan Pokdarwis bisa mengelola objek wisata. Diantaranya, dengan menyiapkan souvenir untuk menghidupkan ekonomi kreatif,” kata Raja Fachrurrazi.

Ia menambahkan, Disparpora juga akan turut membantu dengan membuat informasi turis yang akan tersebar di tiga lokasi yakni, Pulau Benan, Pelabuhan Sei Tenam dan Pelabuhan Jagoh.

Baca Juga :  TP4D untuk Proyek Strategis Nasional

”Untuk turis informasi ini, kami tinggal mencari tenaga yang pas untuk melayani wisatawan. Kemudian sesuai SOP,” sebutnya.

Untuk meningkatkan kemampuan Pokdarwis, Disparpora juga telah melakukan pembinaan kepada pengurus masing-masing Pokdarwis.

”Kami melihat saat ini, belum ada kemajuan yang signifikan dari terbentuknya Pokdarwis. Mungkin karena saat ini belum ada tour yang masuk. Jika sudah ada tour yang masuk ke Lingga, pasti mereka semangat,” terangnya.

Sebelumnya, event Lingga Offroad Ghatering Part III yang digelar Sabtu (11/8) hingga Minggu turut mempromosikan pariwisata di Kabupaten Lingga.

Baca Juga :  Pemkab Ajak Balai Konservasi Tangani Buaya

Sebanyak 127 peserta ramaikan event tersebut, dan menguji nyali di medan offroad yang menantang di Lingga. Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Lingga Juramadi Esram mengatakan, Lingga Offroad Ghatering Part III adalah agenda rutin Pemkab Lingga bersama Polres Lingga.

Menurut Juramadi, kegiatan ini tidak hanya memenuhi kepuasan para Offroader yang mengikuti kegiatan dan hiburan masyarakat Lingga. Lebih jauh, kata Juramadi, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Lingga.

”Lingga Offroad Gatheringv III diharapkan dapat menjadi kegiatan unggulan, yang dapat mengembangkan dan membangkitkan Pariwisata di Kabupaten Lingga,” kata Esram.

Baca Juga :  Ciptakan Pemilu Aman dan Damai

Lingga tidak hanya memiliki potensi pertanian, perikanan, pertambangan dan budaya namun memiliki medan menantang bagi pecinta Offroad. (TENGKU)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here