Polda Canangkan Tahun Keselamatan

0
649
Irjend Sam Budigusdian

BATAM – Polda Kepri melakukan pencanangan tahun keselamatan berlalu lintas untuk kemanusian tahun 2017. Pencanangan itu diharapkan bisa menekan jumlah kecelakaan lalulintas dan menurunkan fatalitas korban, serta meningkatkan kesadaran berlalu lintas bagi seluruh pengguna jalan di seluruh provinsi kepri.

Disampaikan Kapolda Kepri, Irjen Pol Sam Budigusdian, Minggu (30/7) di Engku Putri, Batamcenter, angka kecelakaan dengan korban tewas, Indonesia menempati posisi ke-5 di dunia setelah Cina, India, Nigeria dan Brasil. Sehingga penting dilakukan gerakan sebagai tindaklanjut Inpres nomor 4 tahun 2013. ”Ini kita lakukan, menghadapi situasi keamanan dan keselamatan lalu lintas yang cukup memprihatinkan. Kecelakaan lalu lintas, mengakibatkan korban jiwa, luka berat, luka ringan serta kerugian materiil serta beban psikologis bagi keluarga,” kata Sam pada acara yang dihadiri Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

Baca Juga :  BP Batam Terapkan Aplikasi 4DX 101 untuk Capai Target

Sam juga menghimbau kepada masyarakat untuk saling menghormati dengan sesama penghuna jalan agar terhindar dari resiko kecelakaan. Diingatkan, jangan ada yang melampiaskan emosi saat dijalan. ”Jalan bukan untuk tempat melampiaskan emosi. Hormatilah sesama pengguna jalan,” imbuh Sam.

Dibeberkan, data kecelakaan yang terjadi pada semester I tahun 2016 di Kepri, sebanyak 492 kejadian. Sementara pada semester I tahun 2017, kecelakaan menjadi 489 kejadian. Dimana, korban meninggal dunia semester I tahun 2016 sebanyak 98 orang dan semester I tahun 2017 menjadi 86 orang. Kerugian akibat kecelakaan lalu lintas jalan yang terjadi, semester I tahun lalu, sekitar Rp1.713.450.000. Sementara I tahun 2017, kerugian turun Rp1.1656.250.000. ”Jadi wajar jika keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas, skala prioritas yang harus ditangani pemerintah dengan melibatkan seluruh instansi dan komponen masyarakat Kepri,” imbaunya.

Baca Juga :  Rudi Perintahkan Ani Rombak Kabinet RSUD

Diharapkan, pencanangan tahun keselamatan lalu lintas ini, diharap agar seluruh lapisan masyarakat dan instansi terkait di Provinsi Kepri ikut bertanggung jawab. Berperan menghasilkan duta-duta pelopor keselamatan berlalu lintas. ”Sehingga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di wilayah hukum Polda Kepri dan jajaran dapat terwujud dan dapat kita rasakan,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Sam meminta agar Sam meminta agar semua pihak menghentikan pelanggaran. Setop pelanggaran, setop Kecelakaan. Kalau sudah terjadi kecelakaan tetunya korban akan banyak menghabiskan biaya. Kalau fatal bisa kehilangan pekerjaan dan nyawa. Jadi berhati hatilah,” imbau Sam. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here