Polisi Amankan Petasan dan Bunga Api

0
643
PERSONEL Polsek Tebing ketika menertibkan pedagang mercon dan bunga api untuk menciptakan siskamtibmas malam Ramadan di Kecamatan Tebing, kemarin.f-ISTIMEWA

Dalam rangka menciptakan sitkamtibmas dan kenyamanan melaksanakan ibadah Salat Tarawih Ramadan, di wilayah hukum Polsek Tebing maka dilakukan penertiban petasan dan bunga api.

KARIMUN – ”Hasil penertiban dari pedagang di pinggir jalan ditemukan mercon korek api dan bunga api. Ditemukan ada pedagang menggunakan surat keterangan dari Polda Kepri, ada yang melampirkan pegangan izin distribusi dari Kabaintelkam Polri dan tidak memiliki izin sama sekali,” kata Budi Hartono, Kapolsek Tebing, kemarin.

Menurut dia, untuk data perizinan yang dimiliki tidak jelas asal-usulnya. Karena tidak adanya surat penunjukan dari perusahaan, yang diberikan izin kepada agen atau distributor.

Baca Juga :  Bupati Karimun Diminta Evaluasi Kinerja Kepala OPD

Mercon dan beberapa bunga api yang tidak memiliki izin diamankan setiap 1 izin merek. Dengan dasar Perkap No 2 tahun 2008 tentang Wasdalpam Handak dan UU Darurat No 12 Tahun 1951. Maka, para pedagang memanfaatkan fotokopi surat izin yang bukan atas nama agen/distributor resmi.

Barang yang dijual tidak sesuai dengan lampiran surat izin yang ada. Masih kata Budi, keberadaan mercon dapat mengakibatkan risiko keselamatan orang di sekitarnya. Untuk itu, kepada pedagang diminta tidak lagi menjual mercon dan bunga api. Selain itu, orangtua diimbau tidak membenarkan anak anaknya bermain bunga api atau mercon.

Baca Juga :  Perusda dan Pemkab Surati Pedagang

”Di Kecamatan Meral, jemaah salat tarawih mengeluhkan bunyi mercon atau bunga api. Karena mengganggu kenyamanan saat ibadah, terutama kalangan ibu ibu yang sudah berusia diatas 50 tahun. Diharapkan, instasi terkait melakukan penertiban serupa di Meral,” tegas Budi.

Polsek Tebing bertanggung jawab, untuk menjaga Siskamtibmas yang berlasung di wilayah hukumnya. Tidak hanya penertiban mercon dan bunga api, tetapi memlalui peran personelnya. Polsek Tebing turut mengawasi kawasan hunian masyarakat bebas dari gangguan keamanan. Sehingga, masyarakat merasa nyaman selama dalam kurun waktu 24 jam diwilayahnya.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here