Polisi Dalami Berbagai Modus

0
827
Andi Rahmasyah

Tim Saber Pungli Pantau Penerimaan Siswa Baru 

Tim Sapu Bersih (Saber) Pungli Kota Tanjungpinang akan memantau Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Juli mendatang. 

TANJUNGPINANG – Hal itu bukan untuk menakut-nakuti, tetapi untuk mencegah terjadinya pungutan liar (pungli) saat penerimaan murid baru yang akan merugikan masyarakat.

Ketua Tim Saber Pungli Kota Tanjungpinang, Kompol Andi Rahmansyah mengatakan, pihaknya akan mengambil kiat-kiat untuk mencegah terjadinya pungli di PPDB dengan melakukan sosialisasi terhadap tenaga pendidik atau panitia PPDB.

”Kami akan melakukan sosialisasi dan memberi tahukan dulu untuk mencegah agar tidak terjadi pungli. Sosialisasi akan kami lakukan terhadap pihak sekolah dan juga masyarakat yang mendaftarkan anaknya,” katanya, Rabu (7/6).

Baca Juga :  Kelas VI, Harus Bisa Hafal 2 Juz

Dikatakan Andi, jika sudah dilakukan sosialisasi, namun ada pihak sekolah yang melakukan pungli, maka akan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.

”Pasti akan kami pantau PPDB itu. Jangan sampai terjadi pungli kepada masyarakat. Kalau ada akan kami sikat,” sebutnya.

Diterangkan Andi, pihaknya juga sedang mendalami mekanisme PPDB tahun ini baik dari tingkat SD hingga SMA dan SMK. Selain itu, pihaknya juga melakukan pendekatan ke masyarakat serta sejumlah LSM agar segera melapor bila ditemukan indikasi pungli.

Baca Juga :  1.313 Santri di Kecamatan Bengkong Diwisuda

”Kami harus melihat biaya yang dikeluarkan orang tua murid dengan ketentuan yang berlaku. Bila ada yang tidak sesuai tentu akan segera kami tindak,” ucapnya.

Ditegaskan Andi, pihaknya sedang mendalami sejumlah modus yang digunakan pihak sekolah menarik pungutan dari siswa. Sebab, jangan sampai dengan modus bisa dijadikan tameng untuk berlindung.

”Sebagai contoh, modus juga kadang tidak langsung dari sekolah. Tapi bisa juga dari yang lain misalnya komite. Intinya kami tidak ingin modus biasa ini dijadikan tempat untuk berlindung,” pungkasnya.(RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here