Polisi Gandeng Dishub Tertibkan Angkutan Umum

0
795
ANGKUTAN BERHENTI: Masyarakat melintas di kawasan angkutan yang sedang berhenti.F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Tanjungpinang bersama Dinas Perhubungann (Dishub) dalam waktu dekat akan melakukan pengecekan terhadap semua Angkutan kota (Angkot) yang ada di Kota Tanjungpinang. Terlihat para supir angkutan sering menunggu penumpang di kawasan Kota Lama, Tanjungpinang. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh angkutan yang beroperasi layak.

Kasat Lantas Polres Tanjungpinang, AKP Krisna Ramadhani Yowa, menuturkan angkutan yang tidak layak jalan akan membahayakan keselamatan pengguna. Pihaknya bersama Dishub akan melakukan pengecekan dan penertiban. ”Menurut saya kendaraan banyak yang tidak layak pakai, harus diperiksa ulang,” ungkapnya Rabu (19/7) kemarin.

Baca Juga :  Warga Sudah Nikmati Air SWRO

Menurutnya, selain memeriksa kelayakan angkutan umum, pihaknya bersama Dishub juga akan menentukan trayek. Ini dilakukan agar lalu lintas angkutan umum teratur. ”Harus ada aturan dimana tempat pengemudi angkutan menurunkan dan menaikkan penumpang begitu juga untuk berkumpul (ngetem),” katanya.

Selain trayek angkutan umum dan kelayakan pihaknya juga akan mengecek rambu rambu lalu lintas yang ada di Kota Tanjungpinang. Bahkan, akan menambahan rambu lalulintas tand adi larang parkir seperti di daerah pelabuhan. ”Banyak kendaraan roda empat yang parkir di pintu masuk pelabuhan itu menjadi penyebab kemacetan,” sebutnya.

Baca Juga :  Sriwijaya Air Bawa Investor

Krisna menyebutkan, untuk CCTV ada yang sudah di pasang. Di antaranya di setiap lampu merah seperti Simpang Batu 6, Jalan Basuki Rahmat, Batu 9 itu juga terpantau secara langsung diruangan Tanjungpinang Crisis Centre (TCC). ”Ini dilakukan agar bisa memantau kemacetan dan apabila ada kejadian laka lantas cepat kita tanggapi,” jelasnya.

Pembahasan mengenai permasalahan ini nantinya akan dilakukan rapat forum koordinasi lalu lintas bersama pihak-pihak terkait yang ada di Kota Tanjungpinang. Sementara itu, dalam rapat koordinasi ini nantinya juga akan membahas permasalahan jalan rusak. Ini dinilai penting dalam uupaya memberikan rasa nyaman dan aman kepada pengguna jalan. (cr27)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here