Polisi Panggil Para Saksi Dugaan Rasis

0
442
Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP Efendri Alie.

TANJUNGPINANG – Satreskrim Polres Tanjungpinang telah menaikan status dari penyelidikan ke penyidikan terkait perkara dugaan pidato rasis oleh Bobby Jayanto beberapa waktu lalu di Pelantar II. Para saksi diperiksa kembali untuk dimintai keterangan.

Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP Efendri Alie mengatakan, setelah menaikan status ke penyidikan, akan memanggil saksi-saksi lagi untuk dimintai keterangan.

“Sudah sembilan orang yang dimintai keterangan,” katanya, Kamis (4/7).

Ia menyebutkan, sembilan saksi ini dari pelapor, saksi panitia sembayang keselamatan laut dan dua saksi ahli. Selain itu pihaknya juga akan memintai keterangan kembali dari terlapor.

Baca Juga :  Teluk Keriting Mulai Dibenahi

“Nanti kita panggil lagi Boby Jayanto untuk dimintai keterangan,” sebutnya.

Dituturkannya, dalam kasus tersebut pihaknya belum menetapkan tersangka. Mneunggu dilakukan gelar perkara.

“Belum ada tersangka dalam kasus ini, kita masih memeriksa para saksi dan ahli,” sebutnya.

Lanjutnya, Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kasus ini sudah mengirimkan kepada pihak Kejaksaan Negeri Tanjungpinang pada Senin lalu.

“Sudah kita kirim SPDP nya walaupun itu tanpa nama tersangka,” ujarnya.

Diduga Boby Jayanto melanggar pasal 16 ayat 1 ke 2 Jo pasal 4 Undang-undang nomor 40 tahun 2008 tentang diskriminasi dan ras dengan ancaman lima tahun penjara.

Baca Juga :  Tenaga Medis Harus Update Ilmu

Sebelumnya, Bobby Jayanto terduga melakukan rasis diajukan 45 pertanyaaan oleh penyidik Satreskrim Polres Tanjungpinang pada saat pemeriksaan.

Didampingi empat orang pengacara. Bobby menyebutkan, dalam pemeriksaan diajukan sebanyak 45 pertanyaan oleh penyidik. Serta mengaku koperatif, tidak ada maksud menyinggung yang maknanya non Tionghoa. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here