Politik Uang Terasa, tapi Sulit Dibuktikan

0
36
Endri Sanopaka

TANJUNGPINANG – Pengamat politik dari Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka menilai, politik uang seperti kentut. Terasa baunya, tapi tidak diketahui pelakunya.

Wajar saja, jika aksi praktik politik uang selalu terjadi diperhelatan di pesta demokrasi. Baru-baru ini, ada dugaan politik uang yang sedang ditangani oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tanjungpinang.

Dugaan politik uang yang ditangani Bawaslu Kota Tanjungpinang, adanya pembagian paket sembako yang dilakukan oleh salah satu anggota DPRD Kota Tanjungpinang.

Yang dibagikan paket sembako dari salah satu Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, kepada masyarakat berdomisili di Dompak. Pengakuannya pada saat dimintai keterangan oleh Gakkumdu, bahwa paket sembako dibagikan ke keluarganya di Dompak.

Pembagian paket sembako dalam rangka memperingati 40 hari meninggalnya almarhum ibunda dari istrinya.

”Kalau hanya menerima barang bukti berupa foto, saran saya prosesnya dihentikan. Karena tidak cukup bukti dan masuk kriteria dalam pelanggaran kampanye. Yang bagikan itukan anggota dewan yang tidak lagi maju sebagai caleg,” ucap dia.

Karena informasi yang diterima, paket sembako yang dibagikan anggota dewan tersebut tidak sama dengan dimiliki Bawaslu Kota Tanjungpinang. Salah satunya warna kantong paket sembako yang dibagikan.

Dan, katanya, paket sembako yang dibagikan tidak ditempelkan stiker. Tapi, Bawaslu menemukan foto paket sembako memiliki stiker.

”Yang terima keluarga besar anggota dewan itu. Pernah tidak Bawaslu panggil keluarga yang terima paket itu,” tanya dia.

Yang dia khawatirkan, Bawaslu tidak akan bisa berlaku adil apabila ada kasus yang sama. Karena bagi paket sembako, bisa saja menggunakan jasa orang lain.

Dan orang tersebut tidak akan mengakui perbuatannya. Pasalnya, Bawaslu tidak memiliki bukti paket sembako tersebut.

”Kalau hanya sekedar foto saja, hentikan saja kasus tersebut. Masih banyak tugas lain yang perlu diperhatikan Bawaslu di pemilu serentak ini,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here