Polres Amankan Oknum Pemeras Kades

0
219

LINGGA – Satuan Reskrim Polres Lingga mengamankan oknum anggota LSM, yang mengaku dari LSM Koran Pemantau Korupsi (KPK) berisisial IL. IL diamankan setelah dilaporkan Kepala Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep karena memerasan uang sebesar Rp 20 juta.

Hal ini disampaikan Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi, melalui Kasat Reskrim AKP Suharnoko. ”Berdasarkan keterangan pelapor, awalnya ia mendapat kabar melalui telepon dari seorang laki-laki yang mengaku sebagai anggota LSM KPK. Terlapor meminta uang sebesar Rp 20 juta. Jika tidak memberikan uang sebesar yang dimintanya, laki-laki tersebut mengancam akan melaporkan korban ke pihak yang berwajib dengan tuduhan bahwa korban menjual tanah masyarakat,” kata Suharnoko, kemarin.

Suharnoko melanjutkan, setelah diancam lalu korban merasa ketakutan dan berjanji memenuhi permintaan tersebut. Pertemuan diatur oleh Kades Marok Kecil yang meminta ditemani Kades Sungai Raya pada tanggal 1 Agustus lalu, untuk bertemu dengan oknum anggota LSM KPK tersebut.

”IL kemudian bersama dengan salah seorang anggota LSM KPK juga yang bernama AF (DPO), dan pertemuan antara korban, saksi dan tersangka tersebut terjadi di hotel yang beralamat di Batu 5 Tanjungpinang. Namun, korban menyerahkan uang sebesar Rp 5 juta kepada IL,” ujarnya.

Merasa kurang, IL dan AF meminta tambahan dengan diberikan waktu selama dua hari untuk melunasinya dan korban tidak menyanggupi. Kemudian, kedua kalinya tersangka IL dan AF datang ke Dabo Singkep kembali memeras korban dan bertemu di Hotel Gapura. ”Kemudian korban ini menyerahkan uang sebesar Rp 2 juta melalui Yogi, dan Yogi langsung menyerahkan uang itu kepada IL dan AF,” sebutnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here